Cara Ngecas Cucak Ijo Sebelum Lomba

Cara Ngecas Cucak Ijo Sebelum Lomba | Ocehan Kenari -Cucak hijau adalah burung bertipe semi-fighter. Berarti, berdasar pada tingkah laku serta kebiasannya di alam liar, mereka tidaklah burung jenis petarung (fighter) yang sesungguhnya, seperti murai batu, kacer, serta cendet. Lantaran bukanlah petarung sejati, ciri-ciri cucak hijau condong tak stabil. Bahkan juga dalam keadaan hujan seperti sekarang ini, banyak cucak hijau yang kurang nampil di lapangan. Untuk bikin burung lebih stabil, terdapat banyak perlakuan yang umum diaplikasikan beberapa pemain, umpamanya memakai burung sejenis untuk kepentingan ngecas, baik memakai burung betina ataupun burung jantan.

Cara pengecasan cuma adalah usaha agar burung dapat tampak optimal, bukanlah memastikannya jadi juara lomba, lantaran banyak aspek penentu disini (termasuk juga objekstivitas penilaian dari tim juri, keadaan cuaca, serta sudah pasti keadaan burung).

Pengecasan cucak hijau dapat dikerjakan lewat dua langkah, yakni memakai cucak hijau betina serta cucak hijau jantan.

Dicas dengan cucak hijau betina


Saat sebelum burung digantang di lapangan, beberapa ijomania mengecas gaconya dengan cucak hijau betina. Maksud pengecasan ini yaitu memancing birahi gaconya agar siap tempur, atau menghidupkan semangat tempurnya di lapangan nantinya.

Tetapi, butuh diingat, tak seluruhnya langkah tersebut memberi hasil yang diinginkan, terlebih bila langkah yang dikerjakan kurang pas. Sebagian ijomania mengakui gaconya jadi ngedrop. Ada juga sebagai beringas serta berbuntut pada over birahi, ngeruji, atau seperti akan menguber burung lain.

Untuk memberi hasil yang maksimal, baiknya pengecasan dengan memakai cucak hijau betina dikerjakan sepanjang 5-15 menit saja saat sebelum burung digantang. Di bawah ini langkah pengecasan yang baik :
  • Gantung kedua sangkar burung dengan cara berdekatan.
  • Buka kerodong sangkar cucak hijau yang bakal dilombakan. Adapun kerodong pada sangkar burung betina cukup di buka sedikit saja, yang utama burung jantan dapat melihatnya.
  • Mendekati aba-aba lomba diawali, burung jantan kembali di kerodong serta dibawa ke lapangan untuk digantang.

 Cara Ngecas Cucak Ijo Sebelum Lomba

Dicas dengan cucak hijau jantan

Selain dari pengecasan dengan burung betina, Anda dapat juga mengecas cucak hijau dengan memakai burung jantan. Maksudnya juga sebagai pemanasan, dengan kata lain memancing emosinya.

Mengecas cucak hijau dengan burung sejenis yang juga berkelamin jantan dikerjakan saat sebelum lomba diawali atau saat sebelum digantang. Langkahnya, sangkar didekatkan dengan sangkar cucak hijau punya peserta yang lain sepanjang 1, 5 – 2 menit saja.

Sesudah tampak siap tarung, yang umumnya ditandai dengan keadaan ngentrok, burung dapat digantang. Jadi, saat akan mengecas, Anda mesti menyesuaikannya dengan jadwal lomba.

Tetapi, sekali lagi, tak seluruhnya cucak hijau pas dengan cara pengecasan ini. Ada burung yang memanglah ingin jalan bila diberikan perawatan lomba dengan cara pas lewat penyusunan pakan, terlebih extra fooding (EF). Namun ada pula cucak hijau yang penampilannya semakin trengginas saat saat sebelum lomba dicas dengan cucak hijau jantan atau betina.
 
Top