Cara Mengatasi Indukan Kenari Tidak Kunjung Birahi

Cara Mengatasi Indukan Kenari Tidak Kunjung Birahi | Ocehan Kenari - Sebagian peternak/breeder kenari pemula sering mengeluhkan induk kenari betina belum juga ingin birahi, walau umurnya telah kian lebih 1 th.. Biasanya, kenari betina meraih usia dewasa kelamin pada usia 8-10 bln., hingga harusnya telah birahi dengan kata lain siap dikawinkan. Namun keadaan burung pasti berlainan, hingga ada pula kenari yang berusia dua th. kadang-kadang belum birahi ( baca juga : Hal yang harus Anda Ketahui Sebelum Beternak Kenari ).

Sekurang-kurangnya ada dua pemicu kenapa kenari betina yang telah dewasa kelamin belum kunung birahi. Pertama, bawaan mulai sejak menetas dimana burung kekurangan estrogen serta progesteron, yakni dua type hormon yang berkenaan dengan manfaat reproduksi burung betina, termasuk juga rangsangan birahi.

Kedua, ada yang salah dalam perawatan kenari mulai sejak menetas sampai dewasa, terlebih nutrisi/gizi dalam pakannya yang diperlukan kelenjar endokrin untuk mensekresikan ke-2 hormon itu.

Saat induk kenari telah berusia dua th., umpamanya, tetapi belum kunjung birahi, jadi dia tidak ingin dikawini pejantannya. Yang berlangsung dalam kandang ternak, ke-2 burung bakal berkelahi. Karena yang jantan memaksa kawin, sesaat betina menampiknya.

Cara Mengatasi Indukan Kenari Tidak Kunjung Birahi

Mengatasi Kenari Sulit Birahi

Berikut ini adalah langkah atau cara yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi kenari sulit kawin, berikut langkahnya :

Pertama
Anda juga dapat meningkatkan birahi kenari dengan cara pemilihan jenis pakan yang tepat untuk kenari kesayangan Anda, Misalnya untuk meningkatkan hormon estrogen dan progesteron dengan memberikan sawi hijau, sawi putih,daun ginseng,gambas,jagung manis, telur puyuh rebus.

Kedua
Memakai langkah lebih instan, dimana burung segera beroleh konsumsi gizi yang kaya sumber estrogen serta progesteron. Demikian masuk ke saluran pencernaan, jadi konsumsi gizi ini selekasnya di kirim ke semua jaringan badan, terlebih yang terkait dengan sekresi ke-2 hormon itu.

Untuk meningkatkan birahi kenari dapat melalui suplemen spesial khusus burung kenari yang sulit birahi. Fungsinya memanglah untuk merangsang produksi estrogen serta progesteron pada burung kenari yang ingin jadikan indukan, Anda dapat membelinya di toko khusus suplemen burung ocehan.

Dengan cara tersebut diatas kemungkinan besar dapat mempercepat kenari untuk agresif dan cepat birahi, hal ini ditandai dengan burung betina yang saling bersahutan jika mendengar suara kenari jantan ( baca juga : Penyebab Telur Kenari Gagal Menetas ).
 
Top