Tips Menghindarkan Burung Ocehan Agar Tidak Sakit | Ocehan Kenari -Pada musim penghujan ini bukan hanya manusia, hewan juga merasakan perubahan kondisi akibat pergantian cuaca yang ekstrem, sehari hujan kemudian sehari panas,kadang malah hujan terus tanpa henti.

Begitu juga dengan kesehatan burung ocehan,biasanya pehobis yang sudah senior sudah tau apa yang harus dilakukan, akan tetapi untuk pehobis junior, bisa jadi ini bakalan jadi masalah serius untuk momongannya.

Ada ungkapan "Lebih baik mencegah dari pada mengobati", ungkapan yang juga berlaku didalam dunia kesehatan burung. ungkapan itu jadi utama lantaran penyembuhan pada burung lebih susah dari pada mamalia. Hal semacam ini terkait dengan masih tetap jarangnya riset tentang kesehatan burung, terlebih untuk burung liar, hingga belum bisa ditetapkan type obat yang pas serta dosis yang pas untuk tiap-tiap type burung. Oleh karenanya, ketetapan untuk penyembuhan burung masih tetap memakai ukuran standard yang berlaku pada ayam, yang proporsinya cukup tidak sama dengan burung-burung peliharaan yang biasanya datang dari alam liar. 

Dengan cara umum, banyak hal tersebut butuh di perhatikan dalam perawatan serta kesehatan burung. Berikut sebagian cara yang paling sering jadi perhatian : 
  • Burung mesti dijauhkan dari kondisi-kondisi pemicu stres, umpamanya populasi yang terlampau padat didalam sangkar atau kemungkinan ada burung yang terlampau menguasai. 
  • Sangkar dijaga agar tikus serta burung gereja tak hingga masuk ke dalamnya. Oleh karenanya, ukuran kawat sangkar mesti cukup rapat, jarak tak lebih lebih 2 cm. 
  • Burung mesti dihindarkan dari keadaan alam atau cuaca yang terlampau ekstrem, seperti kepanasan atau kedinginan. 
  • Suplemen vitamin serta mineral mesti diberikan dengan teratur pada pakannya. 
  • Kebersihan sangkar dan tempat pakan serta minum mesti senantiasa terbangun. 
  • Pakan yang didapatkan mesti dalam keadaan baik. 
  • Keadaan burung di check sedikitnya 2 x satu hari, saat pagi serta sore hari.
Demikian Tips Menghindarkan Burung Ocehan Agar Tidak Sakit, semoga dapat bermanfaat bagi para Pembaca sekalian.
 
Top