Pilihan Pakan Terbaik Pada Burung Ocehan Mabung

Pilihan Pakan Terbaik Pada Burung Ocehan Mabung | Ocehan Kenari -Saat mabung yaitu saat menyakitkan untuk burung, termasuk juga burung kicauan. Kondisinya yang cepat lemah/gampang drop serta nggregesi, burung mabung juga terkuras cadangan proteinnya yang tersimpan dalam otot-ototnya. Jika tak disertai dengan pemberian pakan berprotein tinggi, burung bakal tampak semakin kurus, dan drop fisik serta drop mental. Persoalannya, burung mempunyai type pakan yang berbeda. Ada yang pemakan serangga, buah-buahan, serta biji-bijian. Karenanya, pemenuhan pakan berprotein tinggi pada burung mabung juga harus memerhatikan type pakan intinya.

Itu penyebab, saat mabung adalah saat untuk burung untuk “cuti sejenak” dari berkicau serta kesibukan lain seperti dilombakan ataupun diternakkan.

Bahkan juga, bila perlu, burung sepanjang masa mabung mesti di buat drop lebih dahulu supaya tak rajin berkicau yang mengambil alih banyak daya, supaya sistem mabung jalan lebih lancar serta prima.

Pakan yang pas mesti diberikan supaya burung dapat melalui saat mabungnya dengan lancar. Karena burung memerlukan stamina/daya ekstra untuk menjatuhkan/merontokkan bulu, lalu untuk menumbuhkan bulu–bulu barunya.

Kandungan protein pada bulu-bulu burung diprediksikan sampai 25 % dari keseluruhan protein yang ada di semua badan. Bahan paling utama dalam menumbuhkan bulu yaitu asam amino, terutama keratin, serta lipid (lemak). Burung bakal makan semakin banyak dari pakan keseharian serta/atau mencari makanan tinggi protein serta lemak untuk penuhi ke-2 keperluan nutrisi itu.

Lemak, seperti karbohidrat, diperlukan juga sebagai cadangan daya. Bila tidak dipakai, lemak memanglah menumpuk dibawah kulit atau permukaan organ badan yang lain. Namun ketika mabung, lemak juga bakal dipakai juga sebagai sumber daya waktu merontokkan bulu-bulunya.

Pilihan Pakan Terbaik Pada Burung Ocehan Mabung

Pakan yang rendah protein serta lemak dapat mengakibatkan bulu jadi kurang cerah/kurang berwarna, atau merubah bentuk bulu umpamanya jadi melengkung (menggunting) atau bulu yang robek. Bila warna bulu kusam, burung bakal alami kurang bergairah hingga alami kesusahan waktu mencari pasangannya.

Pada sebagian masalah, burung jadi tidak sering berkicau serta cepat stres atau ngedrop (atau mbagong) demikian bersua dengan lawan atau musuhnya. Untuk burung koloni, bulu yang kusam dapat bikin mereka terusir oleh rekan-rekannya.

Karenanya, janganlah anggap sepele bila burung Anda tengah mabung. Selekasnya berikanlah pakan berprotein tinggi untuk menolong menangani saat mabungnya. Tersebut sebagian tips untuk melindungi supaya burung terus dalam keadaan sempurna waktu mabung, serta menanggung warna bulunya jadi lebih cerah, dan dapat punya pengaruh pada kegacorannya selesai mabung kelak.

Pakan berprotein tinggi untuk paruh bengkok

Pada burung paruh bengkok seperti parkit, lovebird, cockatiel, dsb, pakan yang tinggi protein serta lemak dapat diketemukan dalam egg food, kacang-kacangan, biji kwaci, sayuran berwarna hijau gelap, ubi rebus, wortel, serta beragam type buah-buahan.

Sebagian pengagum bahkan juga kurangi pemberian biji-bijian seperti millet pada burung paruh bengkok sepanjang masa mabung, serta lebih memprioritaskan pemberian extra fooding (EF).

Pakan berprotein tinggi untuk kenari serta finch
Pada burung kenari, pakan tinggi protein serta lemak yang dapat diberikan pada saat mabung yaitu egg food, sayuran berwarna hijau gelap, wortel, tauge, biji berkecambah (bijian yang pada awal mulanya disemprot dengan air sampai keluar tunasnya), serta beragam type buah-buahan.

Seperti pada burung paruh bengkok, sebagian pengagum kenari serta finch juga kurangi pemberian biji-bijiannya, bahkan juga ada yang ganti biji-bijiannya (canary seed) dengan pakan lebih berkwalitas, walau harga nya lebih tinggi daripakan yang umum dipakai. Hal itu untuk menanggung mereka bakal lebih gacor sesudah saat mabung usai.

Pakan berprotein tinggi untuk burung pemakan serangga


Pada burung pemakan serangga, pakan tinggi protein dapat diperoleh dari EF seperti jangkrik, ulat hongkong, serta belalang. Belalang sangatlah disarankan, lantaran memiliki kandungan protein lebih tinggi dari pada jangkrik. Diluar itu, juga memiliki kandungan banyak asam amino yang diperlukan untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya.

Baik jangkrik ataupun belalang yaitu pakan yg tidak dapat dilepaskan sepanjang burung mabung. Karena, dari situlah mereka terima konsumsi protein yang semakin banyak dari pada pakan seperti voer serta buah. Berikanlah belalang hijau semakin banyak dari pada umumnya (hariannya) saat burung mabung. Pemberian belalang ini dapat pula dikerjakan dengan lebih dahulu diolesi madu.

Pakan berprotein tinggi untuk burung pemakan buah


Untuk burung pemakan buah, seperti keluarga cucak-cucakan (cucakrowo, trucukan, kutilang) serta keluarga cica daun/leafbird seperti cucak hijau, cucak rante, serta cucak biru, pakan tinggi protein serta lemak dapat juga bersumber dari serangga yang sesungguhnya adalah pakan penambahan. Karena, buah tidaklah pakan dengan kandungan protein tinggi. Bahan pakan ini lebih unggul dalam soal vitamin serta mineral.

Untuk burung pemakan buah yg tidak dibiasakan makan voer, umpamanya cucak hijau yang umum dilombakan, jadi dibutuhkan terapi lain supaya sistem mabungnya jalan prima. Yakni memberi vitamin dan mineral tambahan pada saat awal moulting, atau fase ngurak.

Selain karena kaya vitamin serta mineral, suplemen ini dapat menghindar burung dari potensi stres sepanjang mabung serta keadaan fisiknya relatif lebih fit. vitamin tambahan bakal menyelesaikan sistem ngurak, sedang BirdMolt-Post bakal mempercepat perkembangan bulu baru yang lebih rapi, sehat, serta mengkilap.

Vitamin dan suplemen sangatlah disarankan untuk seluruhnya type burung, baik pemakan buah, pemakan serangga, ataupun pemakan biji-bijian, lantaran berniat di desain untuk memenuhi keperluan nutrisi pada burung sepanjang masa mabung.

Tersebut sebagian pakan berprotein tinggi serta suplemen yang dibutuhkan dalam perawatan burung sepanjang masa mabung. Saat mabung memanglah adalah saat krusial. Jika salah perlakuan, burung juara juga dapat ada pada titik nadir paling rendahnya, seperti tidak sering bunyi atau macet bunyi selesai mabung.

Post a Comment

 
Top