Persiapan Kacer Sebelum Lomba

Persiapan Kacer Sebelum Lomba | Ocehan Kenari - Kacer sekarang ini memang banyak yang suka dan juga banyak juga kontes atau loma ocehan burung untuk kelas kacer. Untuk burung kacer yang biasa menguasai di lomba yaitu type kacer Poci, baik dari Jawa Barat, Sumatra atau Kalimantan. 

Kacer poci ini sudah menggeser kacer hitam di lomba dengan adanya banyak kacer poci yang juara, dahulu kacer poci ini dilihat mata sebelah di lomba. Di moment-event lomba sekarang ini kacer senantiasa penuh di kelasnya, baik mulai dari taraf Latberan, Lomba Regional seta Lomba bertaraf Nasional sesudah Kelas Muraibatu.


Jika Minggu ingin dilombakan, jadi perawatan spesial mulai diaplikasikan mulai sejak H-2 (Jumat), yakni dengan menambah jumlah jangkrik jadi 5/5.

Dengan penyusunan EF seperti ini, birahi burung relatif teratasi. Bahkan juga mandi juga dikerjakan tiga hari sekali didalam karamba mandinya.

Hal-hal lain yang harus dijaga dalam menjinakkan kacer agar tetap tenang yaitu perawatan waktu burung tiba di lapangan atau arena lomba. Karena, burug kacer masih tetap takut saat lihat banyak orang di sekelilingnya.
Persiapan Kacer Sebelum Lomba

Biasanya begitu di turunkan dari mobil, burung umumnya ngelabrak-ngelabrak, karena memanglah masih tetap giras serta takut orang. Karenanya, anda dapat segera meletakan sangkarnya ke tanah, kerodong di buka sedikit saja, lalu di beri jangkrik serta sedikit kroto.

Sesudah di beri perlakuan itu, burung dibiarkan hingga bunyi. Bila belum bunyi, dipancing-pancing dengan nada kacer dari handphone atau piranti elektronik yang lain.

Jika kacer anda telah ingin bunyi hingga ngerol-ngerol, barulah kerodong ditutup lagi, sembari menanti panggilan pantia untuk selekasnya menggantang burung.
 
Intinya, bila burung ingin bunyi waktu kerodong masih tetap di buka sedikit, itu alamat burung akan ingin nampil. Bila sepanjang kerodong di buka sedikit terus tidak mau bunyi, umumnya pada saat lomba burung juga tidak akan bunyi.

Post a Comment

 
Top