Cara Merawat Bulu Pleci Tetap Indah  | Ocehan Kenari -Bulu jadi perisai utama untuk burung type apa pun dalam mencegah keadaan cuaca yang tidak menguntungkannya, juga dari serangan binatang lain supaya tidak segera tentang kulitnya. Tidak cuma itu, bulu juga jadi salah satu media untuk bersolek, sebagai penyebab untuk rajin berkicau. Karenanya, sangat utama untuk Anda untuk melindungi kesehatan bulu burung piaraan dirumah.

Saat bulu tampak kusam, kusut, pecah-pecah, bahkan juga beralih warna, jadi burung juga jadi tak/kurang percaya diri untuk keluarkan nada kicauannya. Karena dengan cara perasaan, burung-burung jantan umumnya berkicau dalam rencana menandai lokasi teritorinya, menarik perhatian burung betina, dan tunjukkan rasa nyaman serta rasa sukanya.
 
Dibawah ini adalah  panduan cara melindungi kesehatan bulu pada burung pleci, karena type burung ini kerap tampak kusam serta alami pergantian warna, terlebih disebabkan kekeliruan atau ketidaktepatan dalam perawatan harian.

Pleci pernah booming di kelompok kicaumania sekitar satu tahun lalu. Hal semacam itu tak lepas dari tampilan serta nada kicauannya yang cukup nyaring. Karena sangat popularnya pleci, banyak lokasi perkampungan di beragam daerah yang teratur mengadakan kontes spesial pleci, walau cuma kecil-kecilan.

Hingga sekarang ini, kelas pleci masih tetap ramai dalam beragam even lomba burung berkicau, walau tak seheboh ketika booming dahulu. Kenyataannya, komune plecimania juga selalu bermunculan di mana-mana, baik yang berhimpun dalam PCMI ataupun berbentuk berdiri sendiri.

Banyak pleci manania (pleman) yang mengharapkan plecinya selekasnya mempunyai nada lantang serta rajin berbunyi. Mereka lantas mengaplikasikan bermacam pola perawatan, dari mulai ganti-ganti pakan sampai pergantian pola rawatan yang lain.

Tetapi, kadang-kadang pergantian perawatan inilah yang mengakibatkan pleci alami pergantian pada penampilan bulu-bulunya. Bila pada awal mulanya pleci memiliki bulu berwarna cerah serta mengkilap, lalu jadi lebih kusam serta condong beralih warna.

Pemicu bulu pleci kusam serta beralih warna


Di bawah ini sebagian pemicu bulu pleci jadi kusam serta beralih warna :
  • Pakan voer yang senantiasa bertukar-ganti
  • Kurang memperoleh konsumsi pakan yang datang dari buah-buahan atau sayuran
  • Kerap dijemur terlampau lama dibawah terik matahari
  • Tidak sering diberikan mandi semprot atau karamba
  • Pergantian warna disebabkan genetik atau turunan

Melindungi bulu pleci supaya tidak kusam atau beralih warna

Untuk melindungi kesehatan bulu-bulunya, terlebih melindungi supaya bulu pleci tidak kusam atau beralih warna, di bawah ini sebagian perawatan yang dapat diaplikasikan pada burung yang paling disayangi dirumah :
  • Janganlah terus-terusan ganti voer, terlebih voer yang berbeda merk serta/atau tidak sama warna.
  • Berikanlah buah serta sayuran dengan cara beragam, terlebih yang mempunyai beberapa warna cerah seperti jeruk, apel, wortel, serta tomat.
  • Berikanlah pakan penambahan/extra fooding (EF) yang dapat melindungi kwalitas bulu, umpamanya tepung udang, atau tepung daging.
  • Kerjakan penjemuran seperlunya saja. Disarankan tak menjemur burung pleci ketika cahaya matahari merasa sangatlah terik, terlebih diatas jam 10. 00.
  • Teratur memandikan pleci sehari-hari. Kesibukan mandi dengan cara teratur dapat menolong pleci bersihkan bulu-bulunya dari kotoran serta parasit seperti kutu serta tungau. Diluar itu, bisa melindungi supaya bulu terus mengkilap serta tak gampang kusam/bertukar warna.
  • Pemberian BirdMineral sesuai sama ketentuan, termasuk juga pada saat mabung, supaya kwalitas bulunya dapat bertambah. Berarti, bila burung kecukupan mineral, jadi bulu-bulunya bakal jadi lebih kuat, cerah, dan berkilauan. Ini bakal beresiko positif pada tampilan serta kerajinan bunyinya.

Banyak hal yang butuh di ketahui plecimania perihal bagaimanakah melindungi bulu supaya tak gampang kusam serta bertukar warna. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment

 
Top