Cara Jitu Menjaga Mental Cendet yang Baru Beli

Cara Jitu Menjaga Mental Cendet yang Baru Beli  | Ocehan Kenari - Cendet saat ini semakin disukai kicaumania di Indonesia, terlebih karena suaranya yang kencang serta variatif. Dalam beragam lomba burung berkicau, kelas cendet juga diluberi peserta. Transaksi jual-beli burung cendet, baik trotolan, bakalan, ataupun telah jadi, juga semakin ramai.

Tetapi banyak pemula yang mengeluhkan cendet yang baru dibelinya nyatanya beralih karakternya. Umpamanya, waktu dipantai rajin bunyi, setiba dirumah jadi tidak sering bunyi.

Biasanya tiap-tiap burung yang baru dibeli, baik dari kios/pasar burung ataupun take-over dari rekanan, condong alami apa yang dimaksud stres karena lingkungan. Diperlukan waktu sekitar beberapa hari untuk burung untuk dapat menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

Di bawah ini sebagian panduan untuk mempercepat sistem penyesuaian, dan juga menjaga mental cendet yang dibeli.

Saat beli cendet di kios/pasar burung, umumnya pedagang memberi wadah berbentuk besek atau kantong semen untuk membawa burung itu. Karenanya, saat sebelum hunting cendet, baiknya Anda mempersiapkan sangkar harian yang kelak dapat dipakai bila burung telah tiba dirumah.

Sangkar dicuci dahulu dengan air sampai bersih. Hal ini dibutuhkan untuk menghindar bakteri, jamur, serta parasit (tungau, kutu, cacing) yang kemungkinan melekat pada badan cendet selama ada di pasar burung.

Demikian tiba dirumah, pindahkan cendet yang baru dibeli ke sangkar yang telah disediakan. Kemudian berikanlah pakan serta air minum yang bersih.

Cara Jitu Menjaga Mental Cendet yang Baru Beli

Diluar itu, masukkan 2 ekor jangkrik ke cepuk pakannya. Janganlah berikanlah jangkrik memakai tangan kita, terlebih untuk burung yang baru dibeli. Kemudian, gantang sangkarnya ditempat sejuk, baik dikerodong ataupun tak (bergantung ramai-tidaknya situasi di seputar rumah Anda).
Anda dapat juga membawa sangkar harian dari rumah. Demikian berlangsung transaksi di pasar/kios burung, cendet dapat segera dipindahkan ke sangkar itu. Tetapi, sangkar juga mesti dibikin bersih dahulu.

Bila cendet telah ada dirumah sepanjang 1 minggu, silahkan teliti apakah burung telah anteng diatas tangkringan, tak nakal/salton. Bila memanglah telah anteng, baiknya tenggeran yang ada pada sangkar dipertahankan. Ini untuk melindungi supaya ciri-ciri serta mentalnya tak beralih,

Pasalnya, tenggeran dikira nyaman oleh burung hingga dia kerasan nongkrong di atasnya. Dalam sebagian masalah, pergantian ciri-ciri serta style bertarung pada cendet nampak saat ia dipindah ke sangkar baru serta memakai tenggeran baru juga.

Untuk mempercepat bunyi, cendet dapat melakukan therapy mandi malam. Ini dikerjakan satu hari sesudah burung tiba dirumah. Kemudian berikanlah kroto (1 sendok teh) serta 1 ekor jangkrik waktu burung dikeringkan dalam ruang dengan sinar jelas. Setelah itu dikerodong, serta biarlah cendet beristirahat sampai besok harinya.

Hal-hal lain yang bisa mempercepat cendet bunyi yaitu memberi voer dengan kandungan protein tinggi, atau berikanlah juga tahu sebagai pakan tambahan hal ini dilakukan pada saat burung diembunkan. Sesudah matahari terbit serta cendet dijemur, pakan voer dapat ditukar dengan yang biasanya.

Cara Jitu Menjaga Mental Cendet yang Baru Beli

Melindungi ciri-ciri serta mental cendet yang baru dibeli dapat juga dikerjakan dengan teratur memandikannya saat pagi serta sore hari. Diluar itu, untuk menghindar stres, baiknya durasi penjemuran tak usah lebih dari 2 jam.

Sepanjang masa penyesuaian, cendet mesti teratur memperoleh pakan berkadar protein tinggi seperti jangkrik, belalang, ulat hongkong, atau kroto sehari-harinya.

Sesudah burung dapat menyesuaikan, yang tampak dari tingkah laku yang anteng, tak gelisah, serta mulai rajin berbunyi, jadi perawatan harian dapat mulai diaplikasikan. Perawatan harian ini sesuai dengan ciri-ciri cendet. Bila Anda membelinya dari rekanan, baiknya tanyakan setelan hariannya.

Tersebut cara-cara melindungi ciri-ciri cendet yang baru dibeli supaya terus rajin berbunyi, tak nakal/salto, dan mempunyai mental yang tambah baik dari pada pada awal mulanya.

Demikian artikel singkat mengenai Cara Jitu Menjaga Mental Cendet yang Baru Beli , semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top