Mengatasi Ciblek yang Sesekali Bunyi
Mengatasi Ciblek yang Sesekali Bunyi | Ocehan Kenari -Burung ciblek mulai popular di kelompok kicaumania mulai sejak masa 1990-an. Pamornya selalu melambung hingga sebagian banyak even berani buka kelas ciblek, serta selalu diminati hingga saat ini. Ciblek sejatinya burung yang rajin bunyi. Tetapi banyak juga pengagum yang kesusahan mengatasi ciblek yang cuma sesekali bunyi sesekali. Apa masalahnya? Bagaimanakah mengatasinya? Mari kita perawatan burung ciblek yang cuma sesekali bunyi di bawah ini.

Saat sebelum mengambil langkah lebih jauh perihal langkah mengatasi burung ciblek yang cuma sesekali bunyi, butuh di perhatikan keadaan di bawah ini :
  • Ciblek mesti berjenis kelamin jantan, bukanlah betina. Walau ciblek betina kadang-kadang juga mempunyai nada yang serupa burung jantan, ia tak dapat nembak atau ngebren.
  • Ciblek tak dalam keadaan kurang fit, atau tengah ingin mabung/bertukar bulu.
  • Ciblek yang Anda memelihara tidaklah burung bakalan yang baru dibeli, hingga belum menyesuaikan dengan sekitar lingkungan rumah, pakan, serta sangkarnya.
Nah, bila kondisi-kondisi diatas telah tercukupi, kita dapat berlanjut pada bagaimanakah mengatasi permasalahan burung ciblek yang cuma sesekali bunyi, atau bunyi semaunya saja.

Terdapat banyak aspek yang mengakibatkan burung ciblek yang telah dirawat lama cuma sesekali saja bertemura. Umumnya yang paling memengaruhi penampilannya yaitu aspek hormonal, terutama hormon testosteron.
Mengatasi Ciblek yang Sesekali Bunyi

Terkecuali segi hormonal, aspek lain yang bikin ciblek tidak sering berbunyi sesungguhnya berbentuk “gangguan sementara”, umpamanya burung kerap terasa stres/ketakutan dengan burung lain di sekelilingnya. Ini sering berlangsung pada ciblek yang digantang terlampau dekat dengan burung memiliki ukuran besar, atau burung lain seperti burung hantu, pentet, atau srigunting.

Dongkrak birahinya, supaya ciblek lebih rajin berbunyi

Satu hal yang umum dikerjakan ciblekmania pada burung yang malas bunyi atau bunyi semaunya yaitu dengan mendongkrak birahinya. Dengan langkah tersebut, burung gampang terpancing serta terangsang untuk rajin berbunyi.

Ada cara-cara untuk mendongkrak birahi seekor burung ciblek, pada lain :

1. Teratur memberi pakan berprotein tinggi

Burung ciblek, terlebih yang masih juga dalam keadaan bakalan, memerlukan pakan berprotein tinggi sehari-hari. Hal semacam ini bakal menolong burung senantiasa dalam keadaan aktif serta rajin berbunyi. Pakan penambahan ini mesti diberikan, walau burung sudah dilatih makan voer (voer keseluruhan).

Jika tidak sering memperoleh pakan berprotein tinggi, terlebih protein hewani, jadi burung kerap tunjukkan tingkah laku seperti meningkatkan bulu-bulunya, walau ia dalam keadaan tak sakit. Diluar itu, burung juga jadi malas berkicau. Jikalau berkicau condong semaunya.

Bila mau ciblek Anda rajin berbunyi, janganlah takut memberi pakan penambahan (EF) yang semakin banyak dari pada umumnya. Ini dapat diaplikasikan pada ciblek bakalan ataupun ciblek yang sudah dirawat lama tetapi malas berkicau.

Sesudah kondisinya mulai stabil, dengan tunjukkan pergantian dalam penampilannya, jadi pemberian EF dengan cara perlahan-lahan dapat sesuai lagi. Yang utama, EF mesti teratur diberikan sehari-hari supaya keadaan burung terus stabil, hingga dapat mempercepat burung dalam keadaan gacor.


2. Memancingnya dengan burung betina

Langkah lain yang dapat dikerjakan yaitu memberi pasangan untuk ciblek jantan yang cuma sesekali bunyi, meski umurnya telah dewasa. Carilah ciblek betina yang telah jinak serta rajin berbunyi (rajin memanggil), hingga burung jantan bakal terpancing serta terangsang untuk membalas nada panggilan betina dengan nada kicauannya.

Saat ciblek jantan mulai kerap membalas nada panggilan betina, untuk sesaat ciblek betina dapat diungsikan ke tempat lain, atau digantang ditempat yang cukup jauh. Pada keadaan ini, bila tertarik, Anda dapat bereksperimen dengan menangkarkannya.

Memancing burung jantan berbunyi memanglah dapat dikerjakan dengan cuma memutarkan nada rekaman dari burung betina. Namun lebih efisien bila memakai burung betina dalam ujud yang sesungguhnya, toh harga nya juga tak mahal-mahal sangat.

Bila kesusahan memperoleh ciblek betina, Anda dapat juga meminjamnya dari rekan atau rekanan sesama ciblekmania sepanjang 1-2 minggu hingga ciblek Anda mulai tunjukkan tampilan barunya.

 
Top