Sangkar Burung atau dikenal juga sebagai kandang burung adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh pehobis burung kicauan, karena masing masing burung kicauan punya bentuk dan ukuran yang berbeda sehingga memerlukan ruang yang cukup untuk hidupnya.Berikut adalah definisi singkat tentang sangkar.

Sangkar  Secara Umum 
Bahan rangka sangkar burung dapat dari bambu, kayu, rotan, logam serta plastik. Bahan jeruji dapat dari bambu atau mungkin logam/kawat baja. 

Untuk sangkar dari logam dikhususkan untuk burung-burung paruh bengkok dengan paruh tajam serta kuat dan sukai mengerat. Kelebihan bahan logam yaitu gampang dibikin bersih serta kuat. Kelemahannya gampang berkarat bila tergenang air serta hawa dengan kandungan garam tinggi. Diluar itu butuh diwaspadai ada sebagian type logam yang beracun. 

Di bawah ini sebagian type logam serta karakter toksinnya : 

Beragam masalah burung yang keracunan logam dilaporkan dalam Journal of Avian Medicine & Surgery, seperti ditulis di multiscope (Hot Spot for Birds). Sebatas untuk pengetahuan Anda, di bawah ini beberapa logam yang beresiko serta tak beresiko untuk burung, yang umumnya dipakai juga sebagai bahan pembuatan sangkar, wadah air serta pakan, kandang dsb : 

1. Kuningan 

Kuningan adalah logam kombinasi pada tembaga serta seng. Ke-2 logam ini punya potensi bikin burung keracunan. 

Bila ada kuningan pada sangkar burung-burung kecil mungkin tidak jadi masalah lantaran mereka mustahil dapat mematuki logam itu hingga terkelupas. Namun untuk burung berparuh kuat, seperti lovebird, nuri, betet dsb, maka logam ini dapat mereka gerogoti. Maka hindari kuningan dari mereka. 

Journal of Avian Medicine & Surgery melaporkan ada burung makau yang nyaris mati lantaran keracunan seng. Pasalnya dia mengunyah-ngunyah tiga gerendel kuningan serta juga menggerogoti kandang kawat krom (krom juga memiliki kandungan seng). 

2. Timah 

Timah juga sangatlah beracun untuk burung. Terhitung barang yang memiliki kandungan timah ini diantaranya yaitu tutup kaleng, bandul pancing, pemberat tirai, koil tutup sampanye, timah pateri, koil soldir, lempengan dalam batu baterai, beberapa mainan anak serta lain sebagainya. 

3. Tembaga 

Tembaga juga punya potensi meracuni burung meskipun kandungan toksin dari logam ini amat sedikit. Makanan yang memiliki kandungan asam yang disimpan dalam wadah tembaga mungkin saja terkontaminasi tembaga. Demikian juga saluran atau mungkin wadah air yang terbuat dari tembaga, punya potensi mencemari air yang mengalir atau mungkin ada di dalamnya. Bila ingin memakai wadah tembaga untuk burung, baiknya masukkan air ke dalamnya tak dalam keadaan panas. Tuang bila telah dingin baru diberikan ke burung. Serta bukan hanya didinginkan didalam wadah itu. 

4. Kawat (yang non-galvanil), baja dan besi (yg tidak dilapis cat anti karat) tak beracun untuk burung. 

5. Seng 

Seng sangatlah beracun untuk burung. Terhitung di sini yaitu kandang burung atau mungkin ram yang terbuat dari galvanil, klip atau mungkin steples, kunci-kunci mainan anak, paku, pipa ledeng, krom, sebagian cat anti karat, serta sebagian wadah sampo atau mungkin wadah kosmetika. 

Kebanyakan para pehobis burung kicauan malah lebih suka untuk membeli sangkar yang terbuat dari kayu dan bambu, jenis sangkar ini yang umum ditemui dan mudah perawatannya.

Pengalaman saya ketika sedang berkunjung ke salah satu rekan di Desa Tegalyoso, Klaten Jawa Tengah, disini ternyata ada anak muda (masih smp) yang juga pengrajin sangkar burung,Di daerah situ lebih dikenal dengan Nama "Gareng Antik" kalau saya lihat dan perhatikan buatan pengrajin ini cukup halus dan harganya juga murah, Berikut gambar yang saya capture :
sesuai pesanan di cat hitam

masih belum jadi

setengah jadi

setengah jadi

menunggu dipernis

Waktu itu saya hanya beli 4 buah sangkar, harga nya bisa dinegosiasi dan masih jauh dibawah harga pasaran, mungkin karena ini adalah beli langsung dari pengrajinnya. Kata pembuatnya langsung " jika beli banyak bisa sangat murah", Jika pembaca ocehan kenari pengen langsung tanya tanya juga bisa, untuk menjaga privasi maka no handphonenya tidak bisa saya share disini, jika ingin serius pembaca ocehan kenari bisa request no hpnya langsung ke saya di kolam komentar dibawah.



Post a Comment

 
Top