Header Ads

Mengenal Burung Cucak Ijo Mini

Cucak Ijo Mini
Cucak Ijo Mini
Mengenal Burung Cucak Ijo Mini | Ocehan Kenari - Burung ini disebut cucak ijo mini, karena warna bulunya seperti ijo mini daun dan sangat cantik. secantik ocehannya yang bermacam, dan mempunyai wujud lebih kecil dari cucak ijo yang biasanya. untuk menjaganya dari ancaman kepunahan, dianjurkan membelinya dari sebagian penangkar.

Cucak ijo mini sebenarnya yaitu burung dengan lokasi penyebaran terbatas, yaitu di lingkungan asia tenggara saja. di indonesia, ia hanya dijumpai didapati di sumatera, jawa, dan kalimantan.

Postur badan cucak ijo mini dari jawa lebih kecil dari pada dari sumatera, tetapi makin besar daripada cucak ijo mini dari kalimantan. itu yang buat cucak ijo ini disebut dengan burung cucak ijo mini.

Jenis kelamin

Burung jantan dan betina bisa dikenali melalui warna bulu di bagian tenggorokan. apabila ada warna hitam di bagian ini, berarti jantan.
Cucak Ijo Mini

Tetapi ya selalu harus hati-hati, karena penipuan bisa berjalan di mana-mana, terhitung di pasar burung. ada persoalan di mana bulu di bagian tenggorokan cucak ijo mini betina dihitamkan untuk mengelabuhi calon customer.

Langkah perawatannya relatif mudah, tak jauh berbeda dari burung berkicau yang lain. hanya saja, cucak ijo mini malas konsumsi voer. lalu di dalam sangkar mesti disediakan pisang atau pepaya, kroto, serta serangga (jangkerik, ulat, atau belalang).


Burung ini seringkali takut dengan air, terutama saat dimandikan di dalam karamba mandi. biasanya dia hanya mencelupkan sebagian badannya saja. Untuk membiasakan diri mandi masing-masing pagi (apabila cuaca cerah), gunakan spayer di isi air, lalu semprotkan pelan-pelan ke badannya. setelah itu, burung dijemur bersamaan sangkarnya.

Apabila miliki kebiasaan, lama-lama cucak ijo mini bakal dimandikan di dalam karamba mandi. Sangkar untuk pelihara cucak ijo mini bermacam. biasanya, sebagian kicau mania menggunakan sangkar memiliki ukuran 50 cm kali 60 cm (kotak) atau sangkar berbentuk bulat. apabila berkelas lomba, biasanya yang digunakan yakni sangkar elegan buatan china.

No comments

Powered by Blogger.