Header Ads

Uniknya Burung Murai Batu

Uniknya Burung Murai Batu | Ocehan Kenari - Murai Batu siapa yang belum mengenalnya, dirasa-rasa nyaris semua orang-orang cukup familiar dengan nama itu. Suatu nama yang wujudnya mempunyai keelokan nada yang mengagumkan, tatanan badan yang anggun, cukup jantan untuk memenangkan suatu perlombaan burung yang kesemuanya ditujukan pada murai batu. Hingga rasa takjub juga dihadiahkan untuk burung yang banyak dipunyai oleh pencinta burung ocehan. 


Uniknya Burung Murai Batu

Biasanya burung murai batu jalur penyebarannya telah ada di Indonesia dimulai dari Aceh hingga pada daratan kalimantan, namun penyebaran diluar negeri juga burung murai sendiri memperoleh tempatnya adalah di Malaysia, Thailand, Filipina serta di sebagian daerah di Asia Tenggara yang lain serta sebagian di asia tengah dan selatan tetapi tak hingga mencapai daratan eropa hingga ini keunikannya cuma dipunyai oleh daratan benua asia.

Dari usia yang dipunyainya tak kalah ramai dari ukuran badan yang memiliki kisaran rata-rata 15-25 cm dapat meniti hidup sampai 10-15 th. yang benar-benar tidak sering dipunyai type burung-burung lain.

Kekhasan yang butuh dituliskan setelah itu adalah dari tanda-tanda yang dipunyai untuk murai jantan biasanya memiliki kepekatan pada bulu serta jika dibagian atasnya hitam maka berwarna hitam serta berkilauan. Bila diternak pada usia satu tahunan biasanya kecacatan nada bisa dihindari. Untuk murai betina sendiri lebih pada warna sirna yang dipunyainya baik dibagian pundaknya ataupun dadanya yang kuning muda.
Uniknya Burung Murai Batu
Setelah itu, saat sulitnya serangga didapat bila berlangsung musim penghujan untuk burung murai sendiri untuk persediaan makanan di saat reproduksi maka cerdiknya disiasati dengan mencari makanan sebelum saat musim penghujan datang hingga nutrisi bisa dipenuhi pada  saat reproduksi diakhir musim penghujan.

Dari sisi penggemar burung murai batu, umumnya hobyis lebih menentukan murai batu Jambi atau Medan yang argumennya menurut keindahan suaranya dan lincah yang dipunyainya waktu berkompetisi berbarengan burung-burung yang lain. Ini bisa di dukung dari postur badan yang cukup tengah serta kisaran panjang ekor yang cuma 14-17 cm hingga murai batu Jambi tak mempunyai beban yang berat di ekornya untuk mensupport kesuksesan momentnya.

Tidak saat daripada itu, di waktu musim kawin bila murai batu dalam penangkaran yang bukan hanya di alam liar. Kelebihan yang diberikannya adalah keruwetan peternak dalam mengatasi musim kawinnya. Pentingnya penyusunan tingkat stress, mesti bersihnya dari tikus, cicak, serta tokek. Dan untuk pejantannya menunjuk sikap yang benar-benar agresif pada betina hingga butuh pengaman spesial untuk menginginkan minimnya kemungkinan yang terkena murai batu betina. Menurut yang sudah-sudah, untuk peternak yang mau membuahkan anakan yang memiliki semangat tempur yang tinggi dan nada merdu butuh menyiapkan indukan jantan yang memanglah telah memperoleh juara dalam perlombaan burung kicauan untuk indukan betina cukup mencari yang memiliki keelokan nada yang dipunyai indukan jantan, serta postur yang baik dipunyainya hingga bisa membuahkan keturunan yang sama sebaiknya dari indukannya.

Uniknya Burung Murai Batu
Yang diakhir kekhasan yang dipunyai murai batu adalah dari kelompok dari keluarga Turdidae yang khasnya mempunyai nada merdu. Spesial untuk murai batu yaitu mempunyai karakter yang cerdas lantaran kepandaiannya dalam menirukan nada yang didengarnya jadikan kekhasan yg tidak main-main tidak untuk bisa dipunyai burung-burung yang lain. Serta mudahnya jinak pada manusia yaitu polesan paling akhir dari kekhasan murai batu.

Dari itu tidaklah salah untuk penggemar burung ocehan untuk menentukan murai batu yang telah tak diragukan lagi kebolehannya di kancah perlombaan burung yang kerap diikutinya.

No comments

Powered by Blogger.