paruh bengkok
ragam paruh bengkok

Menjinakan Burung Paruh Bengkok | Ocehan Kenari -Menangani burung parbeng yang sukai menggigit pasti mesti sesuai dengan aspek pemicunya. Karena, kadang-kadang ada suara-suara spesifik yang bikin burung kaget, hingga nampak tingkah laku menggigit. Umpamanya nada putaran mesin, seperti bor listrik, mixer kue, dsb. Untuk masalah seperti ini, baiknya hadapi burung itu dengan sikap tenang serta melindungi jarak aman. 

Tersebut cara-cara menangani burung parbeng yang sukai menggigit. 

1. Parbeng menggigit lantaran takut 

Satu hal yang benar-benar utama dalam pelihara burung paruh bengkok yaitu menumbuhkan ikatan batin pada perawat/yang memiliki serta burung. Jadi, burung harus diyakinkan bahwasanya kita tidaklah musuh yang butuh ditakuti, hingga tingkah laku jelek seperti menggigit bisa dihindari. 

Karenanya, dibutuhkan tahapan-tahapan spesifik yang seluruhnya dapat dikerjakan dalam sistem penjinakan. Nah, untuk sistem penjinakan burung parbeng, silahkan bukan hanya tipsnya disini. 

2. Parbeng menggigit lantaran stres 

Sebagian burung parbeng menggigit disebabkan stres. Tingkah laku ini umumnya ditujukan untuk memperoleh perhatian, yang barangkali saja dikerjakan lantaran mereka waktu itu tengah memerlukan rekan bermain, mainan, atau tidak ingin sendirian. Masalah ini umumnya kerap menimpa burung parbeng yang senantiasa disimpan dalam sangkar, serta tidak sering dilatih atau dikeluarkan untuk sebatas berhubungan dengan dunia luar. 

paruh bengkok
paruh bengkok
3. Parbeng menggigit lantaran over birahi 

Parbeng yang over birahi, atau lantaran persoalan hormonal yang lain, juga kerap menggigit siapa saja di dekatnya, terhitung perawat atau pemiliknya. Menangani persoalan ini memanglah kurang cuma dengan menghindarinya, namun juga mesti berikan perhatian spesial. 

Umpamanya, senantiasa berlaku tenang saat bakal mendekati atau memegang burung, lalu mengusapnya dengan cara lembut, serta janganlah lakukan gerakan yang dapat membuatnya kaget. Kerjakan hal semacam ini dengan cara teratur, untuk memberikan keyakinan bahwasanya kita tidaklah suatu hal yang layak digigit.

4. Parbeng menggigit lantaran tengah mabung 

Burung parbeng yang tengah mabung juga mempunyai kecenderungan sukai menggigit. Tingkah laku ini kemungkinan ada hubungannya dengan keadaan fisik burung yang kurang fit, hingga tak nyaman. Mengatasinya? Tak ada, lantaran ini sistem alami dari burung. Jadi, pekerjaan kita cuma menjaganya supaya mabung dapat jalan normal. Langkahnya ya dengan sediakan pakan bergizi, atau memberinya suplemen untuk burung mabung 

Aksi lain bila parbeng sukai menggigit 

Di bawah ini sebagian aksi lain yang dapat Anda kerjakan untuk menghindar serta menangani burung parbeng yang sukai menggigit : 

1. Geser lokasi 

Memindahkan sangkar dari lokasi umumnya ke lokasi baru jadi satu diantara langkah yang dapat dikerjakan untuk kurangi tingkah laku agresif burung parbeng, terhitung sukai menggigit. Dengan memindahkan sangkar ke lokasi, itu seperti meniadakan “wilayah kekuasaan/teritori” mereka sampai kini. 

2. Janganlah terasa takut 

Bila Anda tengah melatih parbeng supaya ingin bertengger di tangan, atau coba menyeka serta memegangnya, maka janganlah perlihatkan rasa takut Anda pada burung. Janganlah lakukan suatu hal yang dapat membuatnya kaget. 

Untuk parbeng ukuran kecil seperti lovebird serta parkit, tak memakai sarung tangan tidak jadi masalah. Toh gigitannya tidak terlampau sakit. Begitupun untuk macaw atau nuri yang tetap anakan. Namun bila parbeng ukuran besar itu telah dewasa, pasti tambah baik bila Anda kenakan sarung tangan. 

Kerjakan latihan ini dengan cara perlahan-lahan serta lebih efisien lagi bila dikerjakan sembari berkata dengan pelan-pelan serta halus. 

3. Pakai sarung tangan 

Beberapa telah diterangkan dibagian pada mulanya. Sebatas penambahan, bila burung menggigit sarung tangan Anda, langkah untuk melepasnya juga harus pelan-pelan. Dalam hal semacam ini, Anda dapat mendorong burung dengan lembut untuk melepas gigitannya. Hal semacam ini sekalian jadi arena pembiasaan pada parbeng bahwasanya kita tak sukai digigit. 

4. Janganlah berteriak 

Berteriak atau mengatakan kalimat kasar pada burung waktu digigit tak lagi bikin burung tahu bila dia sudah berbuat kekeliruan. Burung cuma tahu masalah perasaan, bukan hanya norma terlebih salah serta benar. Aksi berteriak malah bakal bikin burung semakin agresif, hingga tak lagi menyingkirkan tingkah laku buruknya itu. Jalan paling baik yaitu mengelus-elus kepalanya dengan lembut, sembari mendorongnya pelan-pelan. 

5. Senantiasa berikan hadiah atau reward 

Bila tiap-tiap hari dapat senantiasa berhubungan dengan burung parbeng, pasti bakal nampak ikatan batin yang kuat. Jadi, selama tak ada diluar kota, luangkan untuk menjenguk serta bermain dengan burung yang paling disayangi Anda. 

Ajak bicara burung, kemudian menghadiahkan (reward) berbentuk pakan kesukaannya, atau dielus-elus kepalanya. Beberapa hal kecil seperti ini dapat jadi aspek yang semakin menguatkan ikatan batin Anda serta burung parbeng. 

Tersebut banyak hal tentang langkah menangani serta menghindar burung paruh bengkok atau parbeng yang sukai menggigit. Butuh di ketahui juga, melatih burung tidak untuk menggigit memanglah tak semudah melatih burung makan voer. Kata kuncinya di sini yaitu hubungan pada yang memiliki/perawat serta burung mesti intensif, lantaran cuma ikatan batin yang kuatlah yang dapat bikin parbeng jadi rekan atau teman dekat untuk manusia.

Post a Comment

 
Top