Panduan ternak kroto ini untuk sebagian pemula yang mungkin belum tahu tanda-tanda dari semut rang rang. Kita terangkan tentang kerajaan kroto, semut rang rang mempunyai 4 elemen pemerintahan :
  • Ratu kroto : mempunyai wujud besar sepeti lalat hijau atau tawon.
  • Semut jantan : mempunyai wujud lebih kecil dari ratu, warna kehitaman, saat hidup juga singkat mungkin 1 minggu.
  • Semut pekerja : ini yakni semut betina yang mandul tinggal disarang, tugasnya melindungi telur semut.
  • Semut prajurit : ini benar-benar banyak jumlahnya karena tugasnyaa juga banyak, membuat perlindungan keamanan koloninya.
Karena suatu kerajaan semut tentunya memiliki ketetapan, lalu intinya jika anda memiliki atau dapat bibit sarang rang rang yg tidak sama area, jangan sampai selekasnya di satukan karena bisa selekasnya berkelahi dan mati. Ada dua langkah jika anda memiliki koloni yg tidak sama, yang pertama, berikanlah area sendiri-sendiri yang ke dua jadikan satu koloni itu melalui langkah mengambil krotonya mencampurkan dan meletakkannya di tiap-tiap sarang yang tidak sama/diganti, setelah telur menetas dan dewasa anda bisa berikanlah jembatan agar mereka menyatu.

Baiklah selekasnya saja kita bahas bagaimana sih langkah beternak kroto pakai media toples?. Yang pertama anda siapkan dahulu bahannya, toples anda lubangi dengan diameter 2 – 5 cm di bagian bawahnya. Lalu semut rang rang yang ada ratunya dan sebaiknya jika ada krotonya diambil dahulu untuk menunjukan kurun saat 1 sampai 3 bln ada perubahan.

Oke waktu ini waktunya letakkan semut rang rang agar berpindah ke toples, langkahnya seperti ini, anda area kan toples dengan posisi terbalik pantatnya diatas dan sudah berlubang, berikanlah segi bawahnya batu bata dengan nampan di isi air, tempatkan batu bata itu ditengah air dan letakkan toples diatas bata, letakkan juga sarang semut di atas nya nantinya dia bisa berpindah sendiri. Atau anda bisa memasukkan sarang semut di ember serta beri jembatan menggunakan lidi ke toples, jika perli berikanlah di dalam toples beberapa milih air gula dan ulat hongkong mati beberapa biji. Berikanlah makanan kecoa mati, jangkrik mati, tulang, nasi, tetapi selalu siapkan air gula janganlah pernah telat.

Post a Comment

 
Top