Header Ads

Cara Budidaya Cucak Ijo Sendiri

Cara Budidaya Cucak Ijo Sendiri | Ocehan Kenari -Penentuan burung cucak hijau yang baik mempunyai banyak hal yang butuh di perhatikan untuk penentuan bakalan burung cucak hijau.

cucak ijo ditangkarkan
cucak ijo sedang dikenalkan

Berkelamin jantan
Tanda burung cucak hijau kelamin jantan bisa dilihat dari postur badan yang panjang pas, ekor lebih panjang, tulang belakang serta supit kecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna gelap, warna bulu dibagian bawah leher berwarna hitam serta membuat topeng di wajahnya, mata besar melotot, wujud kepala semakin besar serta bergerak lincah.

Wujud paruh
Baiknya tentukan wujud paruh yang berpangkal lebar, tak tipis, besar serta panjang. paruh segi bawah mesti lurus. jangan sempat tetapkan bahan yang mempunyai paruh bengkok. posisi lubang hidung tentukan sedekat mungkin dengan posisi mata.

Postur tubuh, 
Burung calon indukan baiknya  yang berpostur proporsional dengan panjang leher, tubuh serta ekor dan kaki yang pas. jangan sempat tetapkan bahan yang berleher serta berbadan pendek. Sayap mengepit rapat serta kaki mencengkram kuat, ini mengisyaratkan bahan itu sehat. Warna kaki tak memiliki efek pada mental burung. Lincah serta bernafsu makan besar. ini yakni sinyal tanda bahan yang bermental baik. Rajin bunyi, ini mengisyaratkan burung itu mempunyai prospek yang cerah. Leher panjang padat di isi. mengisyaratkan burung ini bisa keluarkan power nada suara dengan maksimal

Langkah menjodohkan cucak hijau 
Agar burung cepat jodoh, maka umumnya lakukan hal seperti berikut :
  • Hari pertama di beri ef yang makin lebih umum, perumpamaan jantan betina di beri masing-masing 10 ekor jangkrik serta 10 ekor cacing dengan maksud supaya keduanya terpacu birahinya.
  • Hari ke-2, jatah jantan tetap diberi 10 dan jatah betina dikurangi, perumpamaan 10 : 5, perihal ini ditujukan agar si jantan membuat perlindungan bagi pasangan birahinya.
  • Hari ketiga jatah jantan ditambah serta jatah betina di hilangkan. Maksudnya pada waktu si jantan birahi, dia bisa memainkan ef di mulutnya, serta pada waktu yang berbarengan si betina kelaparan karena tak mendapatkan jatah makan, hingga si betina bisa berupaya inginkan jatah makan dari si jantan.

Proses ini dapat dilanjutkan untuk beberapa hari ke depan. lamanya tergantung burung itu sendiri, dapat 1 hari, 2 hari atau barangkali 1 bln. Proses penjodohan ini dikerjakan sepanjang hampir 1 bln. sampai jantan betina bisa bercampur dan tidak tarung lagi.

Jika ingin tahu apakah mereka dapat akur atau tak, sesekali mereka di gabung terlebih di saat dimandikan di karamba. kalau mereka tak tengkar, lalu dapat dicoba buat jadi satu. kalau terus ada sinyal tanda bertengkar, lalu butuh dipisah lagi. kerjakan perihal itu sampai burung betul-betul bisa dijadikan satu dan tidak saling serang.

Cuma panduan dari saya, jika burung anda susah atau lama berjodoh, lalu anda dapat memakai birdmature. birdmature yaitu product untuk menaikkan birahi burung dengan cepat, terlebih untuk burung-burung penangkaran. Lalu kedua burung selekasnya dimasukkan ke kandang penangkaran.

Tips
Jika burung jantan untuk penangkaran tak juga gacor merayu betina walaupun dengan umum tampak sehat atau burung betina tak juga masak kelamin walaupun telah berumur diatas 7 bln. ; atau telor-telor burung tak isi serta karenanya tak dapat menetas, kita butuh menegaskan bahwasanya si jantan dapat menghasilkan sperma yang “berisi” serta kesehatan reproduksi betina betul-betul maksimal. Kalau kita sangsi bagaimana langkahnya, optimis saja kita memakai bird mature. Sepanjang kondisi alat-alat reproduksi didalam kondisi normal, bird mature telah dapat dibuktikan menaikkan kesempurnaan system reproduksi burung-burung penangkaran. tidak cuma kenari, namun seluruhnya type burung.

Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita mudah mati, atau kakinya kerap pengkor, lembek, karena ketahanan badan dengan umum lemah, kita butuh menegaskan bahwasanya indukannya konsumsi bird mineral.

Bird mineral tidak cuma bagus untuk anakan namun juga indukan karena bird mineral buat jadi bulu kuat, mulus, bercahaya setelah molting atau ngurak dengan kata lain mabung ; burung tak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok serta abnormal) ; bebas paralysa (lumpuh) ; bebas perosis (tumit bengkak) ; buat jadi anak burung menetas sehat ; burung tak alami urat keting (tendo) ; burung tak terlepas sendinya, tak tercerai (luxatio) ; paruh tak meleset, tak kekurangan darah hingga pucat serta lemah ; burung di penangkaran dapat selekasnya bertelur, telur di isi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi ; kematian embrio rendah.

No comments

Powered by Blogger.