Memasterkan burung dengan lainnya (ocehankenari) -Memaster burung umumnya dikerjakan oleh beberapa pemain burung terutama burung-burung yang dilombakan, layaknya burung murai, burung cucak ijo, kacer, anis serta burung yang lain.

Serta memaster burung ini telah harus untuk beberapa penggemar burung-burung kontes di indonesia, dikarenakan maksud serta tujuan memaster burung tersebut yaitu untuk jadikan burung lombanya memiliki nada isian burung yang beragam, nada komplit yang berarti satu burung bisa menirukan sebagian burung ocehan yang lain, sudah pasti nada burung master yang konon tuturnya mesti memiliki tonjolan atau tembakan-tembakan yang dahsyat keras serta tajam.

Apakah makna dari memaster, didalam arti burung, memaster yaitu tidak lain melatih burung kita supaya bisa menirukan nada burung lain, layaknya menirukan burung gereja, cililin, lovebird, kenari, cucak jenggot serta dapat juga menirukan nada jangkrik serta belalang.

Masuk tidaknya nada burung master itu juga bergantung dari daya tangkap serta kecerdasan burung yang dimasternya, dikarenakan ada sebagian burung yang sulit dimaster serta juga mudah untuk dimaster, adapula gampang masuk serta gampang lupa tuh burung yang dimasternya.


Di antara burung yang mudah saat menirukan suara-suara burung yang lain yakni layaknya, murai, anis, branjangan, cucak ijo, kacer, cendet ( toet ), dikarenakan menurut saya burung-burung ini amat cerdas serta cepat menirukannya dan bisa tahan lama saat menyimpan memori suara-suara burung yang lain.

Saat memaster burung, kita bukan sekedar sebatas menentukan burung-burung master namun kita juga mesti mencermati mutu burung master itu sendiri, disamping itu kita juga mesti mencermati type lagu serta nada yang dapat dimaster, perihal ini manfaat mempermudah siburung yang dapat dimaster dari mulai lagunya serta tingkat volume burung tersebut.

1. Memaster burung dengan nada burung elektronik

Langkah ini yaitu langkah yang sangat mudah menurut saya, bagaimana tidak mudah, anda tak perlu menjaga serta kasih makan terlebih mandi serta jemur, hehehe.. hanya jika listrik mati, baru sunyi…wakakakak.

Konon tuturnya banyak pendapat yang berlainan, langkah ini dikira tambah lebih mudah, efisien serta sekalian murah, pikirkan saja didalam satu perangkat ini anda bisa memiliki sebagian burung master, cobalah jika anda membelinya burung master satu persatu yang betul-betul gacor, telah berapakah uang anda keluar, benar tidak.. ?

Serta lagi dengan langkah ini dengan tidak segera kita telah beri dukungan program konservasi alam untuk melestarikan serta melindungi supaya burung-burung master terus ada di alamnya.

Ada juga beberapa kicau mania memiliki pendapat, bahwa saat memaster burung dapat tambah baik bila menggunakan burung master aslinya yang telah betul-betul gacor, dapat juga ada benarnya, dikarenakan sepanjang ini banyak dari beberapa kicau mania mendapatkan nada master didalam bentuk cd, kaset dan lain-lain yang banyak beredar dipasaran nyatanya tidak sesuai dengan standart dengar untuk burung berkicau, baik dari sisi mutu nada ataupun frekwensi suaranya.

Dikarenakan dengan nyatanya yang tentu burung-burung anda yang di master tentu dapat menirukan suaranya yang bersumber dari perangkat elektronik tersebut serta akhirnya dapat sama persis dengan nada burung master yang serupa dengan burung master bukannya nada dari burung master yang asli biasanya, ini yang banyak tidak disadari.

Walau demikian anjuran saya sebaiknya pergunakanlah rekaman nada burung master yang betul-betul sudah sesuai dengan standart dengar untuk burung, tidak alami deviasi nada serta alami berarti nada dapat sama persis dengan nada burung aslinya.

 2. Memaster burung dengan burung master aslinya
Memaster dengan burung master yakni sebagai perumpamaannya, contohkan burung murai dimaster dengan cucak jenggot, cililin atau kenari atau ciblek dan lain-lain, supaya si murai bisa menirukan nada burung cucak jenggot serta kenari, nyaris seluruh mengarah serta merujuk pada hasil akhir burung yang dimaster, yakni variasi lagu serta tembakan yaitu syarat mutlak yang perlu ditiru serta mesti ada, dikarenakan inti dari memaster itu yaitu ada tembakan serta irama lagu yang dapat dibawa.

Bukan hanya itu saja, tak hanya tembakan serta tonjolan-tonjolan yang dibawa supaya burung dapat tampak lebih istimewa serta dahsyat maka butuh ditambahkan variasi speed atau kecepatan saat membawakan lagu, speed rapat umumnya sangat diprioritaskan didalam burung lomba dilapangan, oleh dikarenakan itu kita juga mesti melacak burung master yang mempunyai speed rapat layaknya burung geraja, lovebird, jenggot serta kenari.

Di dalam memaster burung sesungguhnya beberapa pemain burung-burung lomba telah memiliki langkah serta kiat-kita sendiri, layaknya perumpamaannya, didalam langkah penempatan burung sebisa-bisanya dibikin nyaman serta tenang supaya siburung dengan mudah serta jelas mendengarkan burung masternya serta dapat cepat menirukan burung masternya.

Juga saat menggantang, umumnya atau ada juga posisi master ada di atas burung yang dapat dimaster dengan jarak yang tidak terlampau dekat hingga pada maaster serta burung yang dapat dimaster tidak saling dilihat, namun bisa juga sebaiknya burung yang dapat dimaster dikrodong supaya maksimal, dikarenakan bila saling lihat bisa mengakibatkan stres atau down dari di antara burung tersebut.

 
Top