Header Ads

Burung cendrawasih kuning

cendrawasih kuning

Burung cendrawasih kuning (ocehankenari) -Paradisaea minor itu yaitu nama ilmiah untuk burung cenderawasih kuning kecil, bila menilik tempat asal burung ini kelihatannya memanglah papua nugini lah tempatnya, dikarenakan di dalam rimba tersebut, papua adalah tempat habitat beragam type burung cantik cenderawasih, terutama cenderawasih kuning kecil ini.

Cendrawasih kuning-kecil - paradisaea minor yaitu sejenis burung pengicau atau burung hias yang berukuran tengah, dengan panjang lebih kurang 32cm, dari genus paradisaea.

Burung ini berwarna kuning serta coklat, berparuh abu-abu kebiruan serta memiliki iris mata berwarna kuning.

Burung cenderawasih kuning kecil yang jantan serta dewasa dia mempunyai bulu di lebih kurang leher berwarna hijau zamrud mengkilap, serta di bagian segi perut ada bulu-bulu hiasan yang panjang berwarna basic kuning serta putih di bagian luarnya.

Di ekor burung tersebut ada juga dua buah tali ekor berwarna hitam, serta spesial untuk burung betina dia memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari si jantan, dan bila yang betina mempunyai kepala berwarna coklat tua, dada berwarna putih serta tanpa dihiasi bulu-bulu hiasan.

Tempat berkembangbiaknya burung cendrawasih kuning-kecil tersebar di rimba irian jaya serta papua nugini.
Serta burung ini juga sering kali ditemukan di pulau misool, provinsi irian jaya barat serta di pulau yapen, provinsi Papua.

Spesies ini memiliki tempat sebaran yang luas serta kerap ditemukan di habitatnya, cenderawasih kuning-kecil dievaluasikan sebagai beresiko rendah didalam iucn red daftar serta didaftarkan didalam cites appendix ii.

Burung cendrawasih kuning-kecil - paradisaea minor yaitu terhitung burung poligami spesies, yakni bila masanya untuk kawin si burung jantan memikat pasangan dengan ritual tarian indah yang memamerkan bulu-bulu hiasannya.

Sesudah kopulasi atau kawin burung jantan meninggalkan betina serta mulai melacak pasangan yang lain, serta burung betina menetaskan serta mengasuh anak burung sendiri.

Pakan burung cendrawasih kuning-kecil terdiri dari buah-buahan serta bermacam serangga.

-->
Powered by Blogger.