Burung kacer (ocehankenari) - Burung kacer yaitu terhitung dari burung bagian famili turdidae, namun aneh bila dikatakan sebagai padanan murai, karena keduanya saling berdekatan, karakternyapun nyaris sama senang pamer diri pada sebangsanya.

Burung yang satu ini bila berkicau sembari menari-nari dengan melebarkan ekornya sampai berupa layaknya kipas, ciri yang sangat menonjol yaitu kicauannya senantiasa bernada riang serta senang menirukan nada burung yang lain.

Kacer banyak ditemukan di tempat jawa timur, tetapi dengan luas penyebarannya burung yang juga dijuluki kucica ini sesungguhnya amat luas, yakni beberapa besar di pulau jawa, kalimantan, sumatera serta bali apalagi di sebagian negarab layaknya china, filipina serta di india lalu ada.

Hidupnya di rimba belukar serta senantiasa hidup berpasangan, mereka bikin sarang dari rerumputan serta berkembang biak di pohon-pohon rendah serta berdaun rindang serta lebat.

Saya pingin sharing pengalaman pada beberapa pembaca perihal langkah menentukan burung kacer yang punya mental tanding yang hebat. tanda-tanda burung kacer yang hebat menurut pengalaman saya ada sebagian point yang perlu di perhatikan serta diamati. apalagi barangkali, tanda-tanda yang dapat saya kemukakan juga berlaku pada burung-burung spesifik. sebelum saat saya terangkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya kita mengetahui beberapa jenis burung kacer yang ada di pasaran. 

Burung kacer lokal
Sebutan “kacer lokal” barangkali berawal dari pulau jawa dikarenakan burung kacer type ini memanglah hidup di daratan pulau jawa terlebih lokasi sisi timur. ciri khas type ini yaitu mempunyai warna bulu hitam pekat di sekujur tubuh serta garis putih pada sayap dan ekornya.
harga di pasaran populer lebih mahal dikarenakan populasi burung type ini mulai punah apalagi amat sukar ditemukan lagi.

Habitat asli burung ini sesungguhnya ada di lokasi pedesaan atau dekat dengan perkampungan masyarakat. dikarenakan terus diburu serta ditangkap, saat ini mulai jarang tampak. kemungkinan besar bermigrasi ke rimba yang jauh dari periodeuan manusia.

Burung kacer tasik
Menurut namanya, kemungkinan type ini datang dari lokasi jawa sisi barat. ciri khas type ini nyaris sama juga dengan type lokal. yang membedakan yaitu warna totol-totol putih di bagian dibawah ekor. serta umumnya memiliki nilai jual lebih murah dari pada type lokal.

Burung kacer lampung serta kalimantan
Sesuai dengan namanya, type ini memanglah datang dari pulau sumatera serta kalimantan. ciri khas pada kacer lampung serta kalimantan nyaris sama, yakni memiliki bulu warna putih di bagian bawah dimulai dari pangkal ekor sampai sisi dada.


Yang membedakan pada sumatera serta kalimantan yakni warna putih kacer lamping hanya dada agak ke bawah tengah kacer kalimantan sampai pangkal leher. ciri lain tetap sama juga dengan kacer biasanya, dominasi warna hitam dan garis putih pada sayap serta ekor.

Tanda-tanda burung kacer yang punya mental tanding diantaranya :
  1. Di bagian kepala agak memanjang dengan sisi belakang membentuk sudut ( tidak bulat layaknya burung merpati ). bila anda menjumpai kacer yang berkepala bulat layaknya merpati umumnya burung tersebut bego serta tidak dapat jadikan “gacor”.
  2. Paruh yang terlihat lurus atau sejajar dengan garis kepala sisi atas ( tidak “nyakil” = naik ke atas layaknya buto cakil ). bila anda menjumpai kacer sejenis ini, dipastikan kacer tersebut berani tanding meskipun tetap liar.
  3. Paling akhir, mempunyai postur tubuh yang memanjang serta berdiri tegap. tersebut tanda-tanda burung kacer yang pantas jadikan “jago” untuk event lomba burung.
  4. Demikianlah panduan dari saya, semoga menambah wawasan untuk anda penggemar/ hobiis burung kicauan. 

sumber : hobbyburungkicaumania

-->
 
Top