Mewaspadai Guratan Merah Pada Kaki Burung

Mewaspadai Guratan Merah Pada Kaki Burung | Ocehan Kenari -Banyak keluhan dari penghobi burung, terutama kenari, tentang burung sakit yang dengan diawali dengan adanya guratan merah di kaki, terutama pada betis serta buku-buku jari kaki. Hal semacam itu adalah tandanya terjadinya infeksi yang perlu selekasnya diakukan agar tak menyebar serta mengakibatkan keadaan sakit menjadi kritis atau bahkan juga kematian pada burung. 


Infeksi dapat dikarenakan oleh serangan jamur, luka gores disebabkan jeruji atau sisi lain dari sangkar serta asesorisnya yang tajam, serta dapat pula lantaran gigitan kutu.

Sebagian penghobi burung, umumnya tak mengerti ada luka kecil di kaki kenari sebagai pemicu infeksi atau masuknya mikroba pemicu burung sakit. Terkadang penghobi burung baru sadar ada infeksi umumnya sesudah kaki bengkak atau guratan merah telah menyebar dari kuku kaki kenari menuju betis serta umumnya jadi telah sampai di bagian paha. 

Bila guratan merah pada kaki kenari telah tampak menyebar di sebagian tempat, hal semacam itu mengisyaratkan infeksi telah lama menyebar dan akan sulit diobati. 

Bila hal semacam itu baru di ketahui sesudah menyebar, perlakuannya jadi relatif susah. Beberapa besar burung yang telah tunjukkan tanda-tanda sakit seperti itu, menjadi susah tertolong. Kemungkinan bila dapat sembuh dengan antibiotik, kondisinya tidak normal (cacat). 

Langkah paling baik untuk beberapa penghobi burung yaitu lakukan pencegahan saat sebelum terlambat. Umpamanya, senantiasa memerhatikan keadaan burung secara detail, serta selekasnya mengambil aksi bila ada sinyal tanda mencurigakan.

Mewaspadai Guratan Merah Pada Kaki Burung
jika sudah parah akan menjadi bengkak
Gigitan serangga (kutu) yang relatfi baru, umumnya dapat selekasnya diatasi dengan antibiotik, Gigitan kutu tersebut sesungguhnya cuma aspek untuk terjadinya infeksi. Gigitan kutu menjadikan kaki burung terasa gatal. Tetapi saat kenari yang terasa gatal itu sesekali mematuk kaki yang gatal, hal semacam itu mengakibatkan terjadinya luka sebagai fasilitas masuknya mikroba ke pada badan burung. 

Hal yang lebih beresiko yaitu bila patukan-patukan burung ke arah sisi badan yang gatal itu tentang sisi syaraf atau mengakibatkan mampetnya aliran darah, jadi bakal muncul masalah yang lebih serius, ditandai karenanya ada guratan merah yang selalu memanjang atau menyebar. 

Untuk menolong menangani infeksi luar yang menyebar, terkecuali butuh dipakai antibiotik. Dapat diimbangi dengan pemberian antibiotik oral/di minuman/di makanan, Jika keadaan infeksi telah meluas, harapan untuk kesembuhan si burung sangat kecil. 

Pencegahan serta Penyembuhan 

Untuk menghindar terjadinya keadaan itu pada burung, terutama kenari, jadi butuh di perhatikan banyak hal seperti berikut : 
  • Yakinkan menjelang malam atau dalam keadaan ruang gelap, burung diletakkan pada sangkar yang dikerodong rapat dengan kerodong tidak tebal/transparan. 

  • Yakinkan tak ada sisi tajam dalam kandang burung, ditambah lagi jeruji dibagian dasaran sangkar. Hal yang kurang diperhartikan yaitu wadah pakan atau minuman dimana burung sukai sekali nongkrong di atasnya saat makan/minum. Wadah pakan yang bersisi tajam dapat melukai telapak kaki burung sebagai karena terjadinya infeksi. Lantaran posisi telapak tak dapat diawasi setiap waktu, yakinkan saja Anda memakai wadah pakan yang didingnya atasnya betul-betul tak tajam. 

  • Senantiasa mengontrol seluruhnya sisi badan burung sehari-harinya walau cuma dikerjakan lewat penilaian tanpa ada butuh dipegang. 

  • Selekasnya melakukan tindakan demikian tampak ada tanda-tanda, umpamanya tingkah laku burung yang senantiasa mematuk kaki atau burung tampak tak nyaman saat di tenggeran dan lain-lain.Banyak keluhan dari penghobi burung, terutama kenari, tentang burung sakit yang dengan diawali ada sinyal guratan merah di kaki, terutama pada betis serta buku-buku jari kaki. Hal semacam itu adalah tandanya terjadinya infeksi yang perlu selekasnya diakukan agar tak menyebar serta mengakibatkan keadaan sakit kritis atau bahkan juga kematian pada burung. 
Demikian cara mengenali dan Mewaspadai Guratan Merah Pada Kaki Burung Ocehan, mudah mudahan bermanfaat bagi Pembaca.
 
Top