Ciri Pejantan dan Betina Cucak Rawa

Ciri Pejantan dan Betina Cucak Rawa | Ocehan Kenari -Seperti namanya, cucakrawa umum diketemukan di paya-paya serta rawa-rawa di seputar sungai, atau di pinggir rimba. Kerap bersembunyi dibalik dedaunan serta cuma terdengar suaranya yang khas. 

Nada lebih berat serta lebih keras dari biasanya cucak serta merbah. Siulan jernih, terang, memiliki irama baku yang merdu. Sering kali terdengar bersahut-sahutan. 

Di alam, burung ini memangsa berbagai macam serangga dan binatang kecil seperti : siput air, serta beragam buah-buahan yang lunak seperti buah beberapa jenis beringin. 

Burung Cucakrawa Menyebar di dataran rendah serta perbukitan di Semenanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan, Jawa. Di Jawa Barat ada hingga ketinggian 800 m dpl., tetapi saat ini telah sangatlah sedikit disebabkan banyak perburuan. 

Cucakrawa termasuk juga burung monomorfik dimana tak ada ketidaksamaan ciri fisik yang tampak dari luar yang membedakan pada burung jantan serta burung betina. Akan tetapi, terdapat banyak patokan yang dapat dipakai untuk memastikan type kelamin burung cucakrawa oleh penangkar (baca juga : Penyakit yang biasa menyerang Cucak Rawa

Ciri Pejantan dan Betina Cucak Rawa

Ciri Fisik Pejantan dan Betina

Cucak Rawa Jantan

Kepala bulat, dengan bulu berwarna lebih tua, terlihat ada sejenis belahan bulu ; Bulu rahang lebih putih serta terlihat bersih cerah ; Bulu punggung serta sayap lebih abu-abu, garis-garis hitam putih lebih riil ; Ekor lebih panjang serta menyatu paruh terlihat lebih kokoh kuat serta tidak tipis dan agak melengking ; Garis hitam dibawah mata terlihat lebih terang. 

Cucak Rawa Betina  

Kepala lebih kecil dan datar, dengan bulu berwarna lebih enteng, serta tak ada belahan bulu ; Bulu rahang lebih kotor, terlihat putih keabu-abuan ; Garis-garis hitam putih kurang terang ; Ekor lebih pendek serta sedikit agak mengembang ; Paruh lebih pipih serta condong terlihat lebih cantik ; Garis hitam dibawah mata dengan warna lebih sedikit.

Demikian artikel singkat untuk membedakan Pejantan dan Betina Burung Cucak Rawa, semoga bermanfaat.


 
Top