Ocehan Kenari -Si kecil mungil bertemura indah ini mulai terlupakan dalam dunia kicauan burung. Di kelompok pengagum burung kicauan kelihatannya waktu ini tak demikian bergairah lagi untuk pelihara ataupun cetak burung mungil ini jadi satu burung yang layak untuk dipertandingkan. Walau sebenarnya dari sisi kecerdasan burung ini tak kalah kemampuannya untuk berkompetisi dengan burung-burung kicauan lain yang waktu ini disukai seperti murai batu, kacer ataupun cucak hijau dan sebagainya.

Burung Sirpu ini mempunyai nama ilmiah Aegithina tiphia, serta mempunyai nama lokal yang agak banyak untuk tiap-tiap daerah yang mempunyai burung ini. Dimulai dari sirpu, sirtu, cipew, catow serta cipoh.

Sepintas burung mempunyai badan mirip burung Decu, cuma dibedakan dengan warna yang tidak sama yakni berwarna kuning kehijauan.

Jika kita melintas pinggiran rimba di lokasi indonesia ini, umumnya kita bakal dengarkan burung ini berkicau merdu serta benar-benar nyaring. Hingga sering kita menganggap bahwasanya burung yang tengah berbunyi itu memiliki ukuran cukup besar, nyatanya demikian kita lihat burung ini di waktu berkicau, barulah kita sadar bahwasanya burung ini nyatanya memiliki ukuran kecil lebih kurang 10 cm.

Saat saya bertandang ke rumah rekan saya di Semarang, saya lihat burung sirpu punya rekan saya tengah berkicau benar-benar merdu, juga pada mulanya saya mengira yang tengah berbunyi waktu itu yaitu burung dari type cucak hijau atau kacer, namun saya terperanjat saat lihat ke samping tempat tinggalnya, nyatanya seekor burung sirpu didalam sangkar bulat tengah berkicau dengan variasi nada yang luarbiasa.

Harga burung ini di market kelihatannya tak dapat melonjak tinggi ikuti perubahan harga dari burung-burung kicauan lain yang lebih popular.

Burung sirpu menyebar dari lokasi asia tenggara, sumatra, jawa serta kalimantan. Senang pada hutan-hutan yg tidak terlampau lebat, serta umumnya bersarang di pinggiran rimba pada cabang-cabang pohon rendah.

Makanan yang disukai oleh burung ini yaitu kroto, jangkrik memiliki ukuran kecil, belalang serta buah-buahan seperti pisang.

Pemberian pakan buatan seperti voer juga bisa diberikan pada burung ini, cuma saja pemberian extra fooding seperti kroto mesti tiap-tiap hari atau sekurang-kurangnya sekali dua hari. Jika kebutuhannya itu dipenuhi maka burung ini bakal rajin berkicau serta berusia panjang.

Post a Comment

 
Top