Header Ads

7 Jenis Burung Paling Eksotis di Indonesia

Cendrawasih Biru



Cendrawasih Biru atau dalam nama ilmiahnya Paradisaea rudolphi yaitu sejenis burung cendrawasih memiliki ukuran tengah, dengan panjang lebih kurang 30cm, dari genus Paradisaea. Daerah sebaran Cendrawasih Biru ada di hutan-hutan pegunungan Papua Nugini sisi timur serta tenggara, biasanya dari ketinggian 1. 400 mtr. hingga ketinggian 1. 800 mtr. diatas permukaan laut.


Cendrawasih Merah





Cendrawasih Merah atau dalam nama ilmiahnya Paradisaea rubra yaitu sejenis burung pengicau memiliki ukuran tengah, dengan panjang lebih kurang 33cm, dari marga Paradisaea. Endemik Indonesia, Cendrawasih Merah cuma ditemukan di rimba dataran rendah pada pulau Waigeo serta Batanta di kabupaten Raja Ampat, propinsi Irian Jaya Barat.

Merak Biru





Merak Biru atau Merak India, yang dalam nama ilmiahnya Pavo cristatus yaitu satu diantara burung dari tiga spesies burung merak. Merak Biru memiliki bulu berwarna biru gelap mengkilap. Burung jantan dewasa memiliki ukuran besar, panjangnya dapat meraih 230cm, dengan penutup ekor yang benar-benar panjang berwarna hijau metalik. Populasi Merak Biru menyebar di rimba terbuka dengan padang rumput di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal serta Bhutan. Pada mulanya spesies ini ditemukan juga di Bangladesh, tetapi saat ini besar kemungkinan sudah punah disana.


Jalak Bali



Jalak Bali atau dalam nama ilmiahnya Leucopsar rothschildi yaitu sejenis burung pengicau memiliki ukuran tengah, dengan panjang kurang lebih 25cm, dari suku Sturnidae. Endemik Indonesia, Jalak Bali cuma ditemukan di rimba sisi barat pulau Bali. Burung ini juga adalah hanya satu spesies endemik Bali, di mana pada th. 1991 dinobatkan untuk simbol fauna propinsi Bali. Kehadiran hewan endemik ini dilindungi oleh undang-undang.


Cekakak-Hutan Melayu




Cekakak-Hutan mempunyai nada yang unik serta khas. Biasanya, mereka bertemura keras. Siulannya meninggi serta berbunyi " kwii-kwii... ". Uniknya, tiap-tiap siulan itu dihasilkan lebih kurang satu suara per detik. Burung type ini tinggal didalam rimba serta berburu dari tenggeran rendah. Tak seperti suaranya yang keras, burung ini nyatanya agak pemalu. Mereka cuma mencari mangsa dari atas tanah dengan membalik-balikkan daun-daunan.


Nuri Merah Biak



Nuri Merah Biak, atau Nuri Sayap Hitam, yang dalam nama ilmiahnya Eos cyanogenia yaitu sejenis burung Nuri memiliki ukuran tengah, dengan panjang lebih kurang 30cm, dari suku Psittacidae. Endemik Indonesia, Nuri Sayap Hitam cuma ditemukan di habitat rimba di pesisir pulau Biak serta pulau-pulau di Teluk Cenderawasih, Papua. Spesies ini kerap ditemukan serta bersarang di perkebunan kelapa.

Kakatua Raja





Spesies ini hidup pada ketinggian 0-1520 mtr. dari permukaan laut, umumnya berkelompok. Kakatua biasanya berumur panjang, sampai meraih 60 th. juga lebih. Kakatua menghuni rimba primer serta sekunder yang tinggi serta pinggir rimba ; juga rimba monsun (Nusa Tenggara), rimba yang tinggi bersemak, semak yang pohonnya tidak sering serta tempat budidaya yang pohonnya tidak sering. Dari permukaan laut hingga ketinggian 900 m (Sulawesi), 1520 m (Lombok), 1000 m (Sumbawa).




No comments

Powered by Blogger.