Tips Perawatan Burung di Musim Hujan

Tips Perawatan Burung di Musim Hujan | Ocehan Kenari -Saat musim hujan sudah tiba, hal yg paling utama yaitu cuaca jadi dingin serta cahaya matahari menyusut intensitas nya. Waktu masuk musim hujan, burung kicau yang umumnya berkicau dengan merdu bakal mendadak drop lantaran cuaca yang kurang bersahabat. Banyak beberapa pengagum burung kicau kuatir karena burung kicau kesayangannya jadi drop, suaranya serak bahkan juga tak terdengar lagi ocehannya. Oleh karenanya butuh beberapa kiat spesifik untuk melindungi agar performa burung kicau terus sempurna walau di musim hujan. 

Musim hujan umumnya bakal menghambat beberapa penggemar burung untuk menjaga serta melatih burung kesayangannya. Bila masalah ini tak selekasnya diatasi jadi bakal memengaruhi tampilan burung. 

Cara Memandikan Burung Waktu Musim Hujan 
Burung tak perlu dipaksakan untuk mandi lantaran pada intinya burung mempunyai insting untuk keperluan mandinya. Bila cuaca mendung atau hujan umumnya burung bakal tidak sering mandi. Bila dipandang pada pagi hari terlihat mendung tak ada cahaya matahari, tambah baik burung janganlah di mandikan. 

Penjemuran 
Penjemuran sangatlah utama untuk memberi stamina yang lebih pada burung. Waktu musim hujan, baiknya saat penjemuran diperpanjang lantaran suhu udara di musim hujan relatif lebih rendah. 

Tempat penjemurannya juga butuh di perhatikan. Karena bila burung kurang memperoleh cahaya matahari jadi bakal punya pengaruh pada kesehatan burung. Meskipun waktunya singkat, mesti digunakan untuk menjemur burung. 

Yang utama terus “mencuri-curi” jemur pada pagi hari, atau sore hari setelah hujan. Malam hari janganlah lupa dikerodong. Atau, bila burung jadikan satu dalam satu ruangan, beri penerangan penambahan agar keadaan hangat. Bila burung terlihat loyo, selekasnya check, siapa tahu sakit serta butuh penyembuhan selekasnya. 

Peletakan Sangkar 
Peletakan sangkar waktu musim hujan mesti di perhatikan dengan baik. Sangkar mesti diletakkkan pada tempat yang kering serta lebih hangat dari pada umumnya. Sangkar juga mesti terlepas dari percikan hujan. Bila suhu hawa sangatlah dingin usahan untuk berikan kerodong pada sangkar untuk melindungi agar burung terus terasa hangat. 

 Tips Perawatan Burung di Musim Hujan
Ekstra Fooding 
Hal yang tidak kalah utama dalam melindungi ocehan burung agar terus sempurna yaitu dengan memberi pakan yang berkwalitas. Untuk bertambah performa burung bisa diberikan pakan penambahan dengan jumlah sedikit semakin banyak dari umumnya, bergantung type burungnya. Pakan penambahan yang bisa diberkan diantaranya jangkrik serta ulat hongkong. Namun pemberian pakan penambahan itu tak bisa terlalu berlebih lantaran bakal beresiko kurang baik pada burung. 

Kebersihan Sangkar 
Kebersihan sangkar sangatlah utama untuk melindungi kesehatan burung. Upayakan selalu untuk membersihakan tempat pakan serta tempat minum burung sehari-hari. Jagalah juga sangkat agar terus kering. Lantaran dalam cuaca yg lembab tsb, jamur ataupun bakteri penyakit bakal tumbuh subur, jika butuh sangkar di bersihkan dengan desinfektan. 

Pemberian Vitamin
Jika di rasa cuaca tak mensupport, tiap hari hujan selalu, serta burung kurang beroleh panas cahaya matahari, bisa di berikanlah vitamin 2x satu minggu dengan pemberian hari secara berurutan, contoh hari kamis serta jumat. 

Menangani Nada Serak 
Waktu musim hujan kadang-kadang burung jadi serak suaranya, bahkan juga ada yg tidak berbunyi sekalipun. Untuk mengatasinya, bisa memakai air putih yang digabung dengan sedikit garam. Larutan itu lalu diberikan pada burung. Larutan ini sama seperti untuk kurangi sakit tenggorokan pada manusia. Atau jika ingin gampang bisa gunakan larutan penyegar buat manusia. 


 
Top