Header Ads

Cara Jitu Memasterkan Anis Kembang



Cara Jitu Memasterkan Anis Kembang

Cara Jitu Memasterkan Anis KembangOcehan Kenari -Burung anis kembang (AK) di kenal memiliki nada kicauan cukup lantang. Walau sekian, beberapa yang memiliki belum memiliki kesempatan nikmati kencangnya nada momongannya. Sebagian AK mania mengeluhkan burung piaraannya tidak ingin berkicau dengan cara optimal. Bagaimanakah mengatasinya? Di bawah ini panduan mengoptimalkan kicauan burung anis kembang. 

Seperti type burung anis/punglor yang lain, anis kembang mempunyai nada kicauan cukup kencang. Oleh karenanya, bila ada AK yang condong berkicau pelan atau kurang optimal, pasti ada suatu hal yg tidak beres hingga butuh memperoleh perawatan selanjutnya untuk mengoptimalkan nada kicauannya. 

Terdapat banyak aspek pemicu burung anis kembang tidak ingin keluarkan suaranya dengan cara optimal, diantaranya : 
  • Burung masih tetap muda, hingga condong keluarkan nada kicauan dengan cara pelan, bahkan juga ngeriwik saja. 
  • Burung tengah mabung. Coba anda teliti, adakah bulu-bulu halus yang jatuh di seputar sangkar. 
  • Burung terlampau ketakutan, hingga tidak sering bunyi atau cuma bunyi sesekali dengan nada pelan. Jika Anda baru membelinya dari pasar burung, baiknya AK dijinakkan dahulu, supaya tak takut saat ada ditempat yang ramai serta ingin berkicau dengan cara lantang. 
  • Burung mengalami kegemukan/obesitas. Kegemukan dapat bikin burung type apa pun tampak tidak optimal, berkicau pelan, atau tidak sering bunyi. 

Untuk mengoptimalkan nada kicauannya supaya lebih kencang, pasti aspek pemicu diatas bisa diatasi dahulu. Umpamanya, bila belum jinak, jadi mesti dijinakkan lebih dahulu. Bila ingin mabung, biarlah burung menyelesaikan saat mabungnya. 

Cara Jitu Memasterkan Anis Kembang

Kemudian, Anda bisa lakukan terapi di bawah ini. Therapy ini sekalian bisa diaplikasikan pada anis kembang yang sampai kini tidak dapat berkicau keras, tetapi pemicunya diluar aspek-faktor yang dijelaskan diatas. 
  • Kerjakan pengembunan tiap-tiap pagi, dapat diawali jam 04. 30. 
  • Sesudah jam 05. 00, burung di beri 1 sendok teh kroto serta 1 ekor cacing tanah. 
  • Mandikan burung seputar jam 06. 30 – 07. 00, memakai air dingin (air es). 
  • Burung dijemur sepanjang 1 jam, pada jam 07. 30 – 09. 30. Kemudian dianginkan ditempat sejuk. 
  • Jam 13. 00, burung dikerodong serta diistirahatkan sampai sore. Sekarang ini Anda dapat lakukan pemasteran. 
  • Jam 15. 00, kerodong di buka, lantas burung kembali diangin-anginkan ditempat sejuk.  
  • Seputar jam 16. 00, kerodong di buka, serta burung dimandikan. Kemudian, berikanlah 1/2 sendok teh kroto serta 2-3 ekor jangkrik. 
  • Burung dijemur dibawah cahaya matahari sore sampai jam 17. 00. Kemudian dianginkan sebentar, lalu dikerodong. 
  • Bila dibutuhkan, saat malam hari burung dapat diberikan therapy mandi malam, dikerjakan seputar jam 19. 00 – 20. 30. Sesudah dianginkan sebentar, berikanlah 1-2 ekor cacing tanah, biarlah istirahat tanpa ada dikerodong sampai pagi hari saat ingin diembunkan. 

Jika perawatan diatas dapat dikerjakan dengan cara teratur, jadi burung bakal lebih gampang terpancing untuk tampak lebih optimal, serta suaranya jadi lebih kencang dari pada umumnya.
Powered by Blogger.