Ekstra Food Alternatif untuk Murai Batu

Ekstra Food Alternatif untuk Murai Batu | Ocehan Kenari -Banyak penghobi burung yang kerap kebingungan pilih extra food (EF) atau makanan penambahan untuk burung diluar kroto, jangkrik, ulat hong kong, ulat kandang, cacing, kelabang dan sebagainya yang dengan cara umum telah dipakai juga sebagai makanan penambahan. Walau sebenarnya ikan air tawar yang kecil-kecil sebangsa wader pari, cetol atau petul, udang sungai kecil serta bahkan juga telur ayam yang di rebus serta diiris-iris dapat jadi extra food. 

Untuk pemakaian ikan kecil-kecil itu dapat diberikan juga untuk murai batu. Hal semacam itu sudah banyak dipraktekan oleh para Peternak Burung Murai Batu di Cilacap. Untuk udang kecil, umumnya diberikan pada 4-6 ekor, demikian dengan juga jumlah ikan cetol atau ikan petul. Diberikan pagi-sore, terutama saat pada burung di kandang tak dberi/tak disiapkan kroto. 

Ekstra Food Alternatif untuk Murai Batu

Sedang untuk telur, jadi butuh di rebus dahulu lewat cara dipecah serta berisi dituang ke plastik lalu di tim, atau di rebus segera masih tetap didalam plastik. Dengan hal tersebut, telur putih serta kuningnya kelak sedikit bercampur namun dapat menggumpal lembut. Irislah memanjang kecil-kecil telur (baik kuning telur ataupun putih telurnya) serta berikanlah dengan ukuran seputar 1 sendok makan pagi/sore. 

Sekian sahabat, sedikit panduan pemberian EF atau pakan ekstra pada burung terkecuali EF yang sampai kini umum kita berikanlah. Dengan EF berbentuk udang, ikan atau kuning telur, nyatanya burung juga sehat-sehat serta berkembang dengan bagus, sesaat beban anda sendiri juga makin mudah. Karena, untuk telur ayam, dengan cara umum gampang didapat.
 
Top