Biji Kecambah untuk Pakan Burung Kenari

Biji Kecambah untuk Pakan Burung Kenari | Ocehan Kenari -Kecambah yaitu suatu fase perkembangan dari tanaman yang masih tetap berumur muda, atau peralihan awal dari biji ke tanaman. Biji bakal berkembang dahulu jadi tunas atau calon tanaman, saat sebelum pada akhirnya berkembang lagi jadi tanaman muda (bibit). Tunas inilah yang dimaksud kecambah. Misal paling gampang yaitu tauge, yakni biji kedelai yang tumbuh jadi tunas/calon tanaman.

Biji yang sudah berkecambah adalah bahan pangan yang sehat untuk manusia, Kecambah kaya protein, kalori, dan bermacam mineral utama seperti kalsium (Ca) serta magnesium (Mg).Serta sudah pasti bahan pakan yang sehat juga untuk burung. Lantaran sifatnya lembut, bahan pakan ini gampang diolah oleh organ pencernaan burung ( baca juga : Makanan Terbaik Kenari )

Membuat Biji Berkecambah

Type bijian yang dapat di proses jadi biji berkecambah untuk pakan burung kicauan diantaranya canary seed, atau dapat pula beli biji-bijian dengan cara terpisah di toko pakan burung, umpamanya millet, biji gandum, atau kacang-kacangan.

Bila bahan baku telah diperoleh, di bawah ini sistem pembuatannya :
  • Masukkan biji-bijian yang bakal di proses ke wadah, seperti toples kaca, nampan, gelas, mangkok, atau apa sajakah. Yang utama wadah itu tahan air serta tak memiliki kandungan unsur logam seperti seng atau kaleng sisa. Tetapi yang terbaik memakai toples kaca, lantaran kita dapat lihat akhirnya dari luar.
  • Biji-bijian diseleksi lewat cara menuangkan air ke wadah sampai penuh. Biji yang mengambang bermakna rusak/buruk serta mesti disingkirkan.
  • Buang air yang dipakai untuk menyeleksi biji dengan air baru. Bersihkan bersih biji-bijian yang dipilih, serta masukkan kembali ke toples yang telah diisi air sampai air.
  • Taruh toples sekitaran12 jam.
  • Sesudah disimpan sepanjang 12 jam, air yang ada dalam toples dibuang, termasuk juga kotoran yang tampak mengambang. Kemudian, toples kembali berisi air, kesempatan ini dalam jumlah sedikit saja, yang utama seluruhnya biji ada dibawah permukaan air. Ini utama untuk merangsang pertunbuhan tunas pada biji-bijian itu.
  • Biarlah toples sepanjang 1-2 hari, hingga nampak tunas atau kecambah. Lama tumbuh tunas bergantung dari type bijian yang dipakai.
Anda dapat segera memberi kecambah pada burung, atau biarkan tumbuh sedikit lagi. Karena pada saat kecambah belum terlampau panjang, kandungan asam amino serta vitamin masih tetap tinggi. Jadi, dianjurkan pengambilan biji berkecambah janganlah melebihi 2 hari.

Biji Kecambah untuk Pakan Burung Kenari

Saat sebelum diberikan pada burung, baiknya kecambah ditiriskan lebih dahulu untuk kurangi kandungan air, sekalian mencengah kembung pada saluran pencernaan burung.

Bekas kecambah busa disaring serta disimpan dalam wadah kering, lantas disimpan dalam almari es untuk persediaan untuk beberapa hari ke depan.

Biji berkecambah ini dapat dapat tingkatkan kecerahan warna bulu bercahaya serta sorot matanya, serta sangatlah baik juga untuk burung dalam penangkaran.
 
Top