kenari muda

Manfaat Sinar Matahari bagi Burung Kenari | Ocehan Kenari - Pada Artikel kali ini lebih ke pelajaran dasar waktu ketika kita sekolah dahulu karena membahas pentingnya sinar matahari bagi kehidupan khususnya burung kenari. 

Kehidupan di dunia memerlukan cahaya matahari untuk kehidupan, tak kecuali juga burung kenari. Seperti kita kenali burung kenari yaitu burung hasil rekayasa manusia dari leluhur burung liar yang sudah menyesuaikan beratus-ratus thn. menjadi hewan peliharaan manusia. Burung kenari senantiasa hidup didalam sangkar serta didalam rumah. Tetapi untuk makluk hidup, burung kenari membutuhkan cahaya matahari untuk mensupport kehidupannya. Burung kenari yang hidup tidak ada cahaya matahari bakal tumbuh abnormal serta pada akhirnya bakal mati. Satu diantara cahaya yang bermanfaat dari cahaya matahari yaitu cahaya ultraviolet (UV).

Kita yang hidup di negara tropis pantas berbahagia lantaran kita memperoleh cahaya matahari selama saat. Tidak sama dengan negara yang memiliki 4 musim, mereka tak beroleh cahaya matahari selama saat. Untuk terus senantiasa memperoleh cahaya matahari, beberapa hobyis burung disana menempatkan lampu yang memiliki kandungan ultraviolet, warna cahaya lampu neon ini yaitu putih, bukan hanya berwarna merah muda atau biru seperti untuk ikan. Lebih dari 30 th. beberapa ahli burung, peternak serta dokter hewan mempelajari serta tahu manfaat lampu neon ultraviolet untuk keberlangsungan hidup burung peliharaannya.

kenari yorkshire

Peruntukan yang utama dari burung kenari di Indonesia yaitu untuk nyayiannya, meskipun itu kenari warna, postur serta yang lain. Tiada nyanyiannya kita tak lagi pelihara burung kenari. Prasyarat pertama untuk burung supaya bernyanyi yaitu kesehatan, burung yang sehat automatis bakal bernyanyi. Satu diantara keadaan supaya sehat yaitu memperoleh cahaya ultraviolet, cahaya ini bakal menolong produksi vitamin dalam badan kenari.

Di negara 4 musim, musim semi serta musim panas yaitu saat yang pas untuk berternak, fenomena ini sudah dengan cara pas di teliti. Intensitas pencahayaan, pakan, temperatur serta keadaan lain memengaruhi instink untuk kawin serta kesuburan. Lantaran musim semi menaikkan panjang siang atau matahari bercahaya, hal semacam ini yaitu dampak yang utama. Dalam satu hasil riset yang mempelajari manfaat pencahayaan di banding dengan stimulus kesuburan (Suonalainen-1937), burung yang hidup di alam di musim semi bakal mencapai puncak instink kawinnya, sama perihal pada burung peliharaan dalam rumah yang pencahayaannya ditambah sesuai sama panjang siang musim semi.

kenari muda

Bagaimana cahaya matahari memengaruhi burung peliharaan ?
Kolektor, peternak serta perusahaan peternakan ayam tahu bahwasanya dengan memakai pencahayaan yang cukup bakal punya pengaruh positip pada hasil tetasan serta angka kehidupan anakan ataupun indukannya. Dokter hewan temukan ada burung serta reptil yang tunjukkan ada kekurangan kalsium meskipun pakannya memiliki kandungan sumber kalsium yang cukup. Satu diantara dari sinyal kekurangan ini diobservasi dengan cahaya X serta ditemukan sinyal Hypocalcemia atau kekurangan kalsium. Sinyal Hypocalcemia yaitu meningkatnya kolestrol dalam darah, cangkang telur yang lunak serta tak normal, rasa ketakutan, ketidak- normalan pada hati serta tulang, serta tetany. Tetany yaitu keadaan dimana kontraksi otot tak normal serta rasa sakit pada otot yang karena metabolisme yg tidak normal lantaran kekurangan kalsium.
Pada kesimpulannya, penjemuran atau pencahayaan menggunakan lampu yang memiliki kandungan cahaya ultraviolet benar-benar diperlukan. Tak hanya dari misal diatas, hal ini dapat berikan dampak positif atas kemampuan kelenjar-kelenjar dalam badan, seperti kelenjar gondok. Kelenjar gondok mengatur banyak beberapa fungsi utama dalam metabolisme burung. 
Kelenjar gondok mengatur bagaimana serta kapan kelenjar lain berperan, berkenaan dengan hal semacam itu maka butuh sangkanya lakukan penjemuran atau pencahayaan yang cukup untuk burung kenari. Hypothalamus (Hypothyroidsm – kekurangan yodium) juga punya pengaruh pada perkembangan bulu burung. Bila ada persoalan dengan hypotalmus umumnya tampak bulu burung tak sehat serta indah. Kelenjar Pineal mengatur sistem perkembangan kembali pada burung seperti reproduksi serta sistem ubah bulu. Kelenjar pineal bakal berkerja normal seandainya burung dijemur cukup atau memperoleh pencahayaan. Lebih rinci lagi, ada organ utama di seputar mata burung yang dimaksud kelenjar harderian. Kelenjar ini berperan rasakan ada sinar serta kirim info ini ke kelenjar pineal. Lalu kelenjar pineal serta kelenjar pituitary mengatur sistem serta system endokrin pada burung.

Nyaris seluruhnya binatang, juga manusia, memiliki penglihatan menurut tiga warna (trichromatic) namun burung kenari memiliki penglihatan menurut empat warna (tetrachromatic). Berarti manusia memiliki perspektif penglihatan menurut warna merah, biru serta hijau. Sedang burung kenari memiliki hal sama ditambah dengan warna lain yaitu ultraviolet gelombang rendah atau dimaksud UVA. Kekurangan UVA pada burung bakal mengakibatkan buta warna pada manusia.

kandang penangkaran kenari

Burung bisa membedakan saat matahari terbit dengan terbenam serta bisa membedakan jelas dengan gelap. Burung memiliki banyak tanggapan pada dua hal diatas dalam rutinitas serta metabolismanya. Burung lihat hal itu dengan dua langkah, yakni :

1. Langkah utama yakni burung terima dengan matanya. Retina burung bisa terima info yang luas perihal intensitas sinar, warna sinar serta arah sinar. Info ini di kirim ke kelenjar pituitary serta sisi otak yang mumpuni pada penglihatan.

2. UVA yaitu cahaya yang spesial dimana direspon oleh kelenjar harderian. Sudah ditulis pada mulanya, hal semacam ini bisa bikin tahu saat atau “jam” berapakah waktu itu serta untuk fasilitas yang punya pengaruh dalam hal reproduksi serta kapan bermigrasi.

Dari tulisan diatas burung memiliki sensitifitas pada sinar yang punya pengaruh besar pada kehidupannya. Tak hanya menyebabkan kerja kelenjar-kelenjar dalam badannya, yang satu diantaranya bikin burung tahu saat serta kapan mesti beralih tempat. Kita untuk hobyis, juga pelomba burung, saat ini tahu makna utamanya penjemuran. Artikel ini saya publish lantaran Rekan Kicau Mania yang mengajukan pertanyaan pentingnya penjemuran. Semoga dengan tulisan ini kita sadar serta senantiasa teratur menjemur burung peliharaan kita supaya jadi sehat serta senantiasa berkicau.


Post a Comment

 
Top