Header Ads

Burung Cipoh


Burung Cipoh


Burung Cipoh | Ocehan Kenari -Type burung ocehan yang cukup gampang dijinakkan itu terdapat beberapa jenis salah satu diantaranya yaitu burung murai batu. Namun bila type burung ocehan yang susah untuk dijinakkan juga cukup banyak serta satu diantaranya adalah burung cipoh. Burung cipoh yaitu burung asli Indonesia yang populasinya tetap cukup gampang ditemukan di nyaris seluruhnya type hutan rimba di Indonesia. Serta di tiap-tiap daerah burung cipoh memiliki nama yang berlainan juga yakni : burung cito, sirtu, kunyit kecil, sirpu, serta cipoh. Ini jadi sinyal bahwasanya kehadiran burung ocehan yang satu ini di beberapa daerah cukup populer. Namun persoalannya timbul kesusahan untuk beberapa kicaumania dalam menjinakkannya lantaran satu diantara ciri-ciri burung cipoh yaitu pendiam.

Kesusahan dalam menjinakkan burung ini bukan hanya didasarkan bahwasanya burung cipoh itu agresif atau susah menyesuaikan dalam hal makanan serta rumah namun cuma karakternya saja yang cukup pendiam serta pemalu. Nama ilmiah burung cipoh yaitu Aegithina Tiphia yang kerap hidup di semak belukar, pinggiran hutan rimba, perkebunan, serta di perbukitan. Rutinitas burung cipoh bangun sarangnya pada dahan-dahan pohon yang rendah atau tak terlampau tinggi. Hingga mengakibatkan banyak beberapa predator seperti ular, biawak, serta burung besar kerapkali mengincar telur-telur mereka yang ada didalam sarang.

Di habitat aslinya burung cipoh hidup berkelompok baik waktu mencari makanan maupun waktu musim kawin tiba. Umumnya sinyal burung cipoh itu ada di rimba bisa didengar dari nada kicauannya yang mengalun-alun dengan bunyi “wheeee-tee” sama-sama bersahutan keduanya serta terbang dengan warna bulunya kuning kehijau-hijauan. Makanannya di rimba yaitu biji-bijian kecil, nektar bunga, serangga kecil, telur serangga, serta buah pisang. Sedang bila burung cipoh ini dipelihara maka makannya tak terlampau susah yakni kroto, buah pisang, serta jangkrik ukuran kecil.

Adapun tentang perbedaan burung cipoh jantan serta betina bisa dibedakan dengan gampang yang dipandang dari banyak hal yakni ciri fisiknya, kicauannya, serta karakternya. Untuk burung cipoh jantan ciri-cirinya yaitu ukuran badannya seputar 10 cm, ada warna hitam dibagian ekornya, ada bercak garis hitam dibagian punggung serta sayapnya, bulunya terlihat tambah lebih jelas, sayapnya ada warna putih yang cukup tidak tebal serta beratur dan sisi bawah badannya berwarna kuning. Paruhnya berwarna hitam, panjang, serta tidak tipis.
Burung Cipoh
Serta pada kicauannya yakni bakal keluarkan kicauan yang cukup panjang dengan bunyi “cheee” serta dibagian pada akhirnya bakal menekannya dengan kicauan “pow”. Sedang untuk tanda-tanda burung cipoh betina adalah waktu musim kawin tiba biasanya bulunya tak seterang burung cipoh jantan, ada garis putih yg tidak teratur dibagian sayapnya. Untuk paruhnya tak sehitam paruh cipoh jantan serta juga tak terlampau panjang. Sayapnya berwarna hijau serta juga ekornya yang berwarna hijau zaitun.

Penyebaran burung ini di Indonesia bisa dengan gampang didapati di Jawa,Sumatera, Bali, Kalimantan, serta sebagian pulau yang lain. Sedang diluar negeri populasi burung cipoh banyak didapati di negara Myanmar,Cina, Filipina, Thailand, Malaysia, India, serta Kamboja. Seperti di Indonesia lantaran karakter burung ini waktu mabung bakal rawan sekali sakit, malas berkicau, serta lebih menentukan diam jadikan harga nya di market tak sempat tinggi meskipun harga burung ocehan lain jauh di atasnya. Namun memanglah meskipun seperti itu anjuran yang bisa diberikan untuk beberapa penggemar burung cipoh yaitu mesti penuh kesabaran dalam melatih serta menjinakkannya.

Serta musim kawin untuk burung cipoh jatuh pada bln. Maret hingga Juni serta umumnya cipoh jantanlah yang mengawali mendatangi si betina dengan lakukan atraksi terbang sembari menegakkan bulu-bulunya serta berputar-putar lalu kembali ke sarangnya. Sarangnya berupa cawan kecil serta ditempatkan pada ujung percabangan dahan pohon. Telurnya cuma seputar 3-4 butir dengan yang mengerami jantan serta betina. Lama mengerami telur-telurnya cuma 14 hari serta kemudian telurnya menetas.

Dibagian akhir dari artikel ini di sampaikan tentang kehebatan dari langkah berkicau burung cipoh adalah dengan menggerakkan sayapnya serta ini jadi kekhasan dari burung cipoh. Lepas bahwasanya burung cipoh susah untuk dijinakkan hal semacam itu memanglah suatu problema namun untuk Anda yang memanglah tergila-gila untuk pelihara burung cipoh tidak salah untuk mencobanya serta sabar dalam menjinakkannya serta merawatnya

No comments

Powered by Blogger.