Cucak Ranti

Burung Cucak Ranti (Chloropsis cochinchinensis) | Ocehan Kenari - Terhitung pada family Chloropseidae, dalam bhs Inggris cucak ranti di kenal dengan sebutan Blue-winged Leafbird. Cucak tetap terhitung pada spesies leafbird. Cucak ranti menyebar luas dimulai dari India, Tiongkok barat daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaya, Sumatra serta pulau-pulau sekitarnya, Kalimantan terhitung juga di Natuna, serta Jawa. Nama lain Cucak ranti yaitu Cica-daun, Burung daun atau Murai daun.

Seperti biasanya cica-daun, semua badan didominasi warna hijau jelas (hijau daun), sesaat pipi serta tenggorokan burung cica daun jantan berwarna hitam bercahaya. Perbedaan dengan cica-daun yang lain, seperti tercermin dari namanya, yaitu bulu sayap serta pinggir ekor berwarna kebiruan jelas. Burung cucak ranti jantan biasanya mempunyai warna kekuningan seperti kalung di dada, pas dibawah warna hitam. Ke-2 type kelamin mempunyai sepasang setrip malar biru bercahaya di segi dagunya, sedang cucak ranti betina mempunyai kepala hijau serta tenggorokan biru. Irislah mata berwarna coklat, paruh hitam, serta kaki abu-abu kebiruan.
Cucak Ranti
Cucak ranti mempunyai penyamaran yang prima, tak gampang teramati di alam, lantaran tersamar oleh warnanya. Terkecuali jika terdengar kicauannya yang merdu. Menghuni rimba primer serta sekunder di dataran rendah dan perbukitan hingga ketinggian 1. 000 m di Sumatra, serta hingga 1. 500 m di Jawa. Tinggal di pohon-pohon besar, tetapi kerap juga tampak mencari makanan di belukar. Sendiri, berpasangan, atau dalam grup kecil ; terkadang berbaur dengan type yang lain. Makanan utama cucak ranti yaitu serangga, laba-laba, ulat serta buah-buahan lunak dan biji-bijian terkadang memangsa moluska kecil.

Cucak ranti bangun sarangnya berupa cawan, tersusun dari beberapa bahan yang halus bercampur dengan sarang laba-laba. Betina bertelur pada 2-3 butir, berwarna keputih-putihan dengan totol-totol kehitaman.

Post a Comment

 
Top