punglor macan

Punglor Macan (Chesnut-backed Thrush), yaitu satu diantara dari keluarga Punglor (Anis) yang ada di Indonesia, yang mempunyai nama ilmiah Zoothera dohertyi, dari namanya tetap satu genus dengan keluarga Punglor yang lain seperti Punglor Kembang (Zoothera interpres) serta Punglor Merah (Zoothera citrina). Sama sesuai kerabat punglor yang lain, Punglor Macan juga pandai berkicau serta menyenandungkan kicauan yang lembut serta merdu.

Penyebaran Punglor Macan berdasar sebagian rekomendasi disebutkan menyebar di Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba serta Timor. Terkadang Punglor Macan dimaksud juga untuk Punglor Ampenan, karena pasokan burung Punglor Macan di pulau Jawa serta Sumatra banyak datang dari daerah Ampenan.

Kemiripan postur badan Punglor Macan yang sepintas serupa dengan Punglor Kembang, hingga beberapa orang sedikit bingung membedakan pada Punglor Macan dengan Punglor Kembang. Perbedaan utama tampak dari ukuran badan. Punglor Macan memiliki ukuran semakin besar dari Punglor Kembang. Di bagian kepala Punglor Macan juga didominasi dengan warna hitam, sedang sisi kepala Punglor Kembang berwarna coklat. Lantaran kemiripan ini terkadang beberapa penjual burung menyebutkan Punglor Macan untuk Punglor Kembang Ampenan.

Punglor Macan yaitu monotypic species, yang bermakna tak mempunyai varian (subspecies). Populasi Punglor Macan waktu ini di sebagian lokasi seperti di Lombok alami penurunan mencolok, disebabkan perburuan liar pada burung ini. Untungnya waktu ini penangkaran pada burung ini makin banyak ditelateni oleh beberapa pengagum serta penggemar burung di Indonesia, hingga kita tak terlampau cemas perihal hari esok burung ini.
punglor macan satu genus dgn punglor kembang

Burung ini di habitatnya ada di rimba basah, terlebih yang ada dekat sumber air. Pola hidup sukai mengais-ngais tanah untuk mencari sumber makanan, seperti cacing, ulat tanah serta serangga-serangga kecil yang ada di tanah yang lembab. Diluar itu sebagian type buah-buahan juga terkadang disantap oleh burung ini.

Perawatan 
Jika di memelihara dalam sangkar, Punglor Macan dapat terima pakan buatan (voer), jangkrik ukuran tengah, kroto serta buah-buahan seperti pisang, apel serta pepaya. Namun makanan favoritnya yaitu cacing yang memiliki ukuran tengah serta kecil.

Mandi pada pagi hari, benar-benar baik untuk meningkatkan burung ini supaya cepat serta rajin berbunyi. Pada awal pemeliharaan burung ini, baiknya diletakkan ditempat yang tenang, seperti di samping serta belakang rumah. Biarlah burung punya kebiasaan dengan situasi barunya, serta umumnya sesudah burung menyesuaikan dengan tempat barunya, bakal mulai ngriwik (belajar keluarkan kicauan dengan cara perlahan-lahan).

Berdasar sebagian pengagum burung kicauan, bahwasanya burung Punglor Macan yaitu burung yang kurang mempunyai karakter tarung (fighter), hingga kurang optimal saat digantang di kontes lomba burung. Namun dengan perawatan teratur serta sabar, pastinya burung ini pasti dapat jadi burung yang handal.

Post a Comment

 
Top