Burung Parkit

Burung Parkit | Ocehan Kenari  -Burung ini mempunyai sebutan latin yakni Melopsittacus undulates. Melopsittacus datang dari bhs yunani, melos yang berarti nyanyian serta psittacua yang disebut sebutan untuk kerabat burung betet. Sedang undulus dari bhs latin yang bermakna bercorak.

Parkit hidup berkoloni serta di alam bebas parkit berkembang biak pada bln. Oktober – Desember. Waktu musim kimpoi sang jantan umumnya menyanyi dengan suara rayuan untuk memikat betinanya. Burung inipun di kenal benar-benar setia dengan pasangannya. Apabila si betina tengah aktif bertelur maka si jantan bakal menanti diluar sembari bersiul menghibur sekalian bakal mengusir jika ada pengganggu mendekati sarangnya.

Berat telur parkit berkisar 2, 5 gram/butir dengan jumlah telur rata-rata 6 butir/pasangan parkit. Anak burung parkit yang baru keluar dari cangkang telurnya berbobot rata-rata 2, 35 gram dengan keadaan mata tetap terpejam. Sesudah usia sembilan hari barulah matanya terbuka.

Kandang yang diperlukan tak demikian besar, Ukuran 40 x 40 x 60 cm telah cukup untuk mengawali penangkaran. Tetapi lantaran karakter burung parkit yang sukai berkoloni serta keragaman warna yang beragam ini maka tidak salah bila kita mempersiapkan ukuran kandang yang agak besar.

Umpamanya dengan, Di samping kandang kita dapat letakkan sebagian gunakan. Keindahan warni-warni burung parkit yang satu dengan yang lain bakal benar-benar terang di kandang – kandang itu.

Parkit suka pada hidup berkoloni serta benar-benar gampang sesuaikan didalam kandang penangkaran. Umum di alam bebas parkit berkembang biak pada bln. Oktober – Desember. Apabila musim kimpoi sang jantan umumnya menyanyi dengan suara rayuan untuk memikat betinanya. Sampai pada waktu sama-sama ada kecocokan maka perkimpoian bakal selekasnya berjalan.

Burung Parkit
Berat telur parkit berkisar 2, 5 gram/butir dengan jumlah telur rata-rata 6 butir/pasangan parkit. Burung inipun di kenal benar-benar setia dengan pasangannya. Apabila si betina tengah aktif bertelur maka si jantan bakal menanti diluar sembari bersiul menghibur sekalian bakal mengusir jika ada pengganggu mendekati sarangnya.

Anak burung parkit yang baru keluar dari cangkang telurnya berbobot rata-rata 2, 35 gram dengan keadaan mata tetap terpejam. Sesudah usia sembilan hari barulah matanya terbuka.

Sesudah usia 30 hari barulah anak burung parkit mulai siap meninggalkan sarangnya untuk belajar terbang. Tetapi walau telah mulai terbang, sang induk umumnya tetap menyuapinya sampai usia 40 hari. Sesudah usia itu umumnya persiapan untuk perkimpoian untuk generasi yang baru bakal dikerjakan.

Anak parkit mulai masak kelaminnya untuk lakukan perkimpoian sesudah berusia 90 hari. Si jantan yang cukup usia bakal selekasnya memikat betinanya dengan siulan mautnya untuk jadi pasangan yang bakal mengembangbiakan keturunannya.

Post a Comment

 
Top