Penyebab Serak pada Burung Ocehan

Inilah Penyebab Serak pada Burung Ocehan | Ocehan Kenari -Serak serta masalah pernafasan yang dihadapi burung kicauan sesungguhnya adalah dua hal yang tidak sama, meski beberapa kicaumania menganggapnya sama. Burung yang serak pastinya alami masalah pernafasan, namun burung yang alami masalah pernafasan tidak selamanya ditandai dengan tanda-tanda klinis berbentuk nada serak. Ini butuh dipahami supaya kita tak salah memberi therapy penyembuhan. 

Sebagian penyakit disebabkan masalah pernafasan kadang-kadang juga dibarengi ada lendir pada lubang hidung ataupun pada kelopak matanya. Jadi, butuh diamati apakah nada serak yang dihadapi burung dibarengi dengan tanda-tanda klinis spesifik yang lain. 

Inilah Penyebab Serak pada Burung Ocehan :


1. Pakan kotor atau berjamur 

Pakan seperti voer atau biji-bijian saat ada dalam tempat pakan untuk saat yang lama pasti menyebabkan kotor serta berjamur. Bila hingga dikonsumsi burung, pasti sangatlah membahayakan keadaan kesehatannya. Bukanlah sebatas masalah pencernaan, tetapi juga masalah pada saluran pernafasannya. 

Untuk menghindarnya, baiknya mendisiplinkan diri dalam ganti pakan serta air minum. Umpamanya, ganti pakan serta air minum tiap-tiap 12 jam sekali. 

Upayakan tak menaikkan voer atau pakan bijian baru diatas voer/pakan bijian yang lama. Memanglah lebih praktis, namun bila dibiasakan seperti ini satu waktu terkena apesnya. Pakan yang dibawah nyatanya telah tercemar bakteri, serta juga bakal menyebar ke pakan baru di atasnya.

2. Wangi-wangian atau pengharum udara 

Untuk manusia, wangi-wangian ataupun pengharum udara mungkin saja dapat anggota kesegaran serta keharuman di semua ruang. Tetapi untuk burung peliharaan, aroma itu malah membuatnya sengsara, bahkan juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup kronis. 

Burung yang kerap mencium aroma aroma dari wangi-wangian atau minyak wangi dapat menyebabkan terganggunya kesehatan terlebih organ pernafasan. Karenanya, bila ruang tempat menaruh burung telah agak berbau, sebaiknya memberi aroma aroma alami, seperti merebus batang kayu manis dalam panci diisi air, lalu menyimpannya dalam ruang itu. 

3. Asap serta polusi udara 

Polusi udara seperti asap rokok, asap pembakaran sampah, asap kendaraan, asap ceroborong pabrik, bahkan juga asap dari dapur, dapat juga bikin burung terganggu kesehatannya. Umumnya yang kerap berlangsung masalah pernafasan serta yang terparah berlangsung desakan pada paru-paru serta kantung udara burung yang dapat mengakibatkan kematian. 

Untuk pencegahan, baiknya jauhkan burung dari sumber asap itu. Janganlah memberi full kerodong pada burung dalam keadaan lingkungan penuh asap, lantaran malah semakin jadi parah keadaannya. 

4. Sangkar kotor 

Banyak lho burung yang paling disayangi kita alami serak lantaran “perkara sepele”, yakni disebabkan keadaan sangkar yang kotor. Membiarkan kotoran jadi kering serta menumpuk di basic sangkar dapat menyebabkan masalah kesehatan pada burung, lantaran kotoran burung memiliki kandungan kandungan gas ammonia yang tinggi. 

Saat burung mengepakkan sayapnya, jadi ada partikel kecil dari kotoran yang terbang ke udara serta terhirup burung ataupun pemiliknya. Hal tersebut yang dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan, terlebih bila yang terhirup kotoran yang telah terinfeksi virus, bakteri, atau parasit. 

Juga sebagai pencegahan, awalilah membiasakan diri bersihkan sangkar burung saat pagi serta sore hari. Dengan demikian, burung bakal terasa nyaman di dalamnya serta relatif terlepas dari bermacam masalah seperti nada serak ataupun masalah pernafasan yang lain. 

5. Kurangnya kelembaban 

Aspek lain yang sering mengakibatkan nada serak pada burung kicauan yaitu keadaan sangkar/lingkungan yang terlampau kering atau kurang lembab. Sangkar serta lingkungan yang kurang lembab punya potensi mengakibatkan kantung udara serta paru-paru burung alami penurunan tanggapan. Efeknya yaitu nada burung mendadak serak atau bahkan juga kehilangan nada. 

Untuk pencegahan, baiknya sangkar burung disemprot sehari-hari dengan pertolongan sprayer untuk tingkatkan kelembapan udara.

Post a Comment

 
Top