kacer mbagong


Cara Perawatan Kacer Macet Ngoceh | Ocehan Kenari - Sebagai burung petarung sejati (fighter), kacer mempunyai nyali cukup tinggi daripada type burung non-fighter. Hal semacam ini juga yang mengundang ketertarikan kicaumania untuk memeliharanya. Terlebih style tarung serta suaranya yang nyaring.

Tetapi segarang apa pun penampilannya, banyak kacermania yang mengeluhkan burung kicaunya karena berhenti berkicau dengan kata lain macet bunyi. Macet bunyi dapat dikarenakan oleh beragam aspek. Panduan perlakuan kacer macet bunyi di bawah ini mudah-mudahan dapat jadi jalan keluar untuk Anda yang tengah atau nantinya merasakannya.

Anda pasti setuju! Perawatan burung kicauan perlu perhatian serta ketekunan (kebiasaan) dalam perawatan sehari-harinya. Burung yang tempo hari serta hari ini gacor dapat macet bunyi, bila Anda alpa sekian hari dalam memberi perawatan yang ideal.

Terlebih bila yang dipelihara yaitu burung fighter seperti kacer. Lupa sedikit saja memberi rawatan harian yang umum diaplikasikan, dapat mengakibatkan pergantian pergorma (tampilan), bahkan juga dapat macet bunyi.

Bila kacer alami macet bunyi, cermati apa pemicunya. Mungkin burung tengah masuk saat mabung alaminya. Namun bila hal semacam ini berlangsung diluar saat mabungnya, besar kemungkinan kacer alami stres, mental yang ngedrop, sakit, atau disebabkan perawatan yang kurang pas.

kacer mbagong

Biasanya, kacer yang alami permasalahan itu bakal tunjukkan sebagian tingkah laku negatif, umpamanya kurang nafsu makan, gerakan jadi lamban alias kurang aktif, serta bulu-bulunya terlihat kusam.

Kacer macet bunyi disebabkan stres umumnya dikarenakan sangkar terjatuh, atau dapat pula diganggu/terserang binatang lain (ular, kucing, musang, dan lain-lain). Pada keadaan itu, kacer bakal alami trauma serta condong jadi tak tenang, dan terus-menerus terasa gelisah.

Kacer macet bunyi disebabkan mental ngedrop umumnya berlangsung waktu serta selesai dilombakan. Ini dikarenakan burung belum siap bertarung, tetapi dipaksakan oleh pemiliknya.

Sebagian kacer muda, walau awalannya hebat, sering alami momen seperti ini. Mentalnya gampang jatuh saat bertemu dengan kacer-kacer yang umurnya lebih mapan. Pada keadaan inilah, kacer sangatlah rawan macet bunyi.

Seperti dijelaskan diatas, perawatan kurang pas jadi salah satu aspek yang mengakibatkan kacer berhenti bunyi. Umpamanya, berlangsung pergantian pakan dengan cara mendadak, terlebih pakan penambahan/extra fooding (EF) diluar kesukaannya.

Terkecuali perawatan harian, kacer yang terganggu kesehatannya juga sangatlah rawan alami macet bunyi. Masalah pada tenggorokan atau pernafasan seringkali dihadapi kacer hingga berhenti berbunyi.

Awalannya “hanya” serak, lalu berlanjut macet bunyi. Karenanya, perlakuan dengan obat-obatan dengan cara pas mesti diaplikasikan saat sebelum keadaannya jadi jadi tambah kronis.

Untuk menangani kacer macet bunyi yang dikarenakan salah perlakuan/perawatan, jadi sebagian therapy di bawah ini dapat diterapkan pada burung yang paling disayangi Anda :
  • Pindahkan kacer ke tempat yang lebih sejuk serta tenang.
  • Embunkan burung pagi-pagi hari sekali ditempat yg tidak terpapar cahaya matahari.
  • Berikanlah multivitamin. Ini untuk mengkondisikan burung supaya mempunyai stamina cukup. Prasyarat burung supaya ingin berkicau yaitu dalam keadaan fit.
  • Berikanlah EF jangkrik dengan cara teratur sehari-hari, dengan jumlah 4-5 ekor. Bila sangat mungkin, kroto dapat diberikan sekali satu minggu.
  • Putarkan bermacam audio therapy yang dapat menolong merangsang kacer supaya ingin berkicau lagi.
  • Sesudah kacer tunjukkan pergantian yang lebih baik, berikanlah kursus dengan memakai burung kacer yang lain yang bermental kurang bagus, atau umum dimaksud kacer untulan. Hal semacam ini bisa memberi rangsangan serta mengangkat mentalnya.
  • Dengan cara bertahap, perawatan kembali diberikan seperti umumnya.

Demikian artikel Cara Perawatan Kacer Macet Ngoceh, semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top