Header Ads

Sangkar gantung untuk ternak perkutut


Sangkar gantung untuk ternak perkutut (ocehankenari) -Bila tidak memungkinan beternak perkutut mungkin dikerjakan dalam sangkar gantung, ukuran sangkarnya sendiri dapat menggunakan sangkar burung ocehan yang berupa kotak dengan ukuran 60x60x75 atau memakai kandang untuk kacer, murai batu maupun cucak hijau yang tidak terpakai, yang penting makin besar ukuran kandangnya makin leluasa burung perkutut dapat bergerak. 

Siapkan dahulu area sarangnya didalam sangkarnya dengan bahan sarang yang telah lantas didalamnya. sesudah itu barulah ke-2 burung perkutut dimasukan dalam sangkar penangkarannya. 

Bila telah berjodoh perkutut dapat saling meloloh lantas lakukan ritual ngecer serta diakhiri dengan ritual kawin yang sesungguhnya. Sistem ngecer ini umumnya dikerjakan lebih kurang 4-5 kali, burung jantan dapat menaiki burung betina melalui segi kiri atau segi kanannya untuk lantas hinggap di sampingnya, maka dari itu diperlukan kandang yang besar supaya ke-2 burung lebih leluasa berlatih pemanasan sebelum saat kawin. 

Perawatan indukan perkutut 

Bagaimana perawatan yang pas supaya perkutu dapat segera kawin serta bertelur, silakan simak sebagian panduan berikut : 
  • Kerjakan penjemuran tiap-tiap pagi hari ( sudah pasti dengan sangkar gantungnya ) untuk merangsang burung cepat birahi, umumnya pada saat penjemuran itu burung dapat lakukan perkawinan. ada saat berjalan sesudah penjemuran selesai. 

  • Sesudah kawin umumnya burung dapat bertelur dalam periode waktu 1-2 minggu, bila telah tampak sinyal tanda dapat bertelur baiknya sangkar janganlah dipindah geser lagi, biarlah melekat dengan tembok supaya sangkar lebih kokoh serta tidak gampang goyang. 

  • Perkutut dapat mengerami telurnya sepanjang 2 minggu, bila tampak sinyal tanda dapat menetas sangkar dapat dijemur kembali saat pagi pagi hari lebih kurang jam 06.30 sepanjang 5-10 menit saja, janganlah lama lama, serta penjemuran lalu janganlah pada saat matahari tengah terik teriknya, sesudah piyikan keluar bulu barulah ditambah lagi waktu penjemurannya jadi 10-15 menit. 

  • Sesudah anakan berumur 5-7 hari dapat segera dipasang ring pengenal. 

  • Pada umur 7-8 hari inilah burung dapat di ambil serta di satukan dengan burung puter (dititipkan) untuk diloloh. Sesudah anakan dipisahkan dari indukannya kandang dapat dibersihkan agar dapat dipakai indukan perkutut untuk bertelur lagi. tetapi bila anda tidak punya pengasuh lain (burung puter ) untuk meloloh anakannya biarlah saja diloloh oleh induknya sepanjang bln.. 

Powered by Blogger.