Header Ads

Dasar merawat kenari

burung kenari

 Dasar merawat kenari (ocehankenari) -Apakah anda pingin beli kenari untuk didengarkan suaranya atau dikarenakan tertarik dengan postur atau warnanya yang menggoda?. Layaknya yang kita ketahui bila burung kenari itu banyak type serta jenisnya lantas bila kita pingin beli burung kenari untuk klangenan atau untuk mendengarkan kicauannya yang indah maka anda bisa membeli kenari kicauan.Ada sebagian jenis jenis kenari salah satunya : penyanyi, postur serta warna.

Kenari penyanyi contohnya type kenari lokal atau campuran ( di sini lazim dimaksud kenari af atau lokal super ), american singer, german rollers, spanish timbrado atau waterslagger.. Kenari kenari tersebut yang sering dilombakan untuk dinilai nada serta lagunya.

Kenari warna merupakan type kenari yang mempunyai variasi warna yang tidak sama. dengan 35-40 warna yang tidak sama, kenari type ini dikembang biakan dengan silang untuk membuahkan kenari yang berwarna indah.
burung kenari
Kenari postur yaitu kenari jenis serta kenari ini dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang tidak sama, contohnya gloster, fife, yorkshire, stafford, parisian frills, lizard serta northern dutch frills. kenari type ini ada juga sebagian yang dapat bernyanyi bagus.

Apa pun pilihannya, rawatannya terus sama juga. akan kenari lokal atau impor bila kita telaten serta tahu bagaimana perawatan burung tentulah kenari burung tersebut dapat membanggakan pemiliknya. nah kebetulan di sini saya dapat sharing mengenai perawatan basic burung kenari jantan yang dapat terbagi dalam dua sisi. serta ini yaitu sisi pertama.

Penentuan kandang
Kandang untuk burung kenari baiknya menggunakan kandang kotak yang berukuran luas supaya burung dapat leluasa bergerak sebagai di antara langkah melatihnya. tangkringan dapat dibikin dua buah dengan posisi sejajar maupun melintang.

Penempatan kandang
Kenari jantan dapat berikan tanggapan yang baik sepanjang ada di tempat yang terang, gantunglah didalam ruangan atau diteras tempat tinggal di mana anda biasa menggunakan waktu enjoy waktu ada dirumah, serta bila burung disimpan didalam ruangan yakinkan ruangan tersebut mempunyai jendela yang dapat terkena sorotan sinar matahari segera serta supaya burung dapat lihat berlalunya hari ( dari gelap ke pagi serta sebaliknya ) serta baiknya jauhi menggantung burung didepan pintu masuk atau ventilasi udara.

Kerodong
Pemberian kerodong untuk burung menyambut malam amat baik untuk burung, tak hanya untuk melindungi situasi tubuhnya dari terpaan angin juga hindari burung dari gigitan nyamuk serta juga burung dapat beristirahat dengan tenang untuk menghimpun dayanya untuk besok harinya. serta umumnya burung yang dikerodong malam harinya dapat lebih maksimal dalam bersuaranya dikarenakan dayanya telah terkumpul dari istirahatnya yang tanpa masalah akibat dikerodong tersebut.
 mandi

Kenari terhitung burung yang senang mandi. lantas janganlah lupa tiap-tiap hari burung mesti dimandikan, bila burung tidak ingin mandi dapat dipancing dengan langkah disemprot halus terlebih dulu dengan sprayer. sesudah mandi burung diangin-anginkan agar bulu-bulunya jadi kering baru sesudah it dijemur. janganlah menjemur burung pada saat burung tetap dalam situasi basah kuyup dikarenakan perihal itu dapat mengakibatkan kerusakan bulu-bulunya.

Kualitas udara
Kenari juga terhitung burung yang mempunyai indera penciuman yang peka, apalagi kenari pada masa dahulu sering dipakai untuk mendeteksi kebocoran gas beracun dalam sesuatu penggalian tambang. jauhkan dari lokasi yang bila didekat lokasi tersebut ada yang membakar sampah, asap rokok atau perihal lain yang berbentuk mencemari kualitas udara layaknya bau knalpot, bau bensin, dan lain-lain. ada sebagian type kenari yang dapat segera menderita sesak nafas serta dilanjut ke kematian sesudah menghisap udara yang dipenuhi asap pembakaran sampah.

Makanan
Kenari terhitung pemakan biji-bijian, pakai merk yang bagus yang menggunakan campuran biji-bijian yang lengkap, untuk waktu saat ini ini nyaris seluruh merk komersial telah amat bagus serta berkwalitas. terlebih saat ini juga telah banyak yang berikan burung kenari makanan yang berupa pelet layaknya voer tak hanya dari makan biji-bijiannya.

Makanan eggfood
Pemberian telur rebus yang digabung dengan sumber pakan lain layaknya remah roti, wortel, sayuran, buah-buahan serta lain lain ( anda dapat berkreasi sendiri menciptakan menu eggfood ini ) merupakan sumber makan yang kaya protein serta amat baik dihidangkan pada saat mengembang biakan kenari.

Tulang sotong
Tulang sotong dapat digantung dalam kandangnya. ini berperan sebagai sumber kalsium untuk burung kenari, juga dapat dipakai burung untuk mengasah atau bersihkan paruhnya. siapkan juga yodium sebagai mineral tambahan untuk menghindar kerontokan bulu di sekitar leher serta kepala, dikarenakan kenari yang kekurangan iodium dapat botak pada kepala serta lebih kurang lehernya.
Makanan hijau
Pemberian pakan tambahan layaknya makanan hijau atau sayuran amat baik untuk melindungi situasi kenari agar llincah serta fit. Berikanlah sayuran sekurang-kurangnya tiga kali 1 minggu. pakan yang sangat baik yaitu yang tetap berbentuk benih namun dapat juga diberikan selada, bayam, brokoli dsb. sebelum saat diberikan baiknya sayuran dibersihkan dahulu dengan air bersih untuk bersihkan pestisida yang tetap melekat bila sayuran tersebut menggunakan pestisida untuk mengusir hama.

Janganlah lupa juga memasukkan buah-buahan fresh kedalam menu makannya sekurang-kurangnya sekali atau 2 x dalam 1 minggu. berikanlah sepotong kecil jeruk atau apel, kenari amat suka buah-buahan type apa saja jika alpukat. jaid baiknya jauhi berikan buah alpukat untuk burung anda. Bee pollen juga amat bagus diberikan dikarenakan memiliki kandungan segudang vit. serta mineral layaknya halnya product ganggang hijau yang dimaksud dengan spirulina. yang jelas sepanjang pemberian pakan tersebut jauhi berikan terlalu berlebih, dikarenakan dapat bikin kenari jadi cepat gemuk serta malas-malasan.

Tenggeran
Pakai tenggeran yang aman serta nyaman untuk burung, tenggeran yang terlampau lunak atau banyak bekas potongan dahan setiap saat dapat melukai burung. tenggeran yang bagus dapat terbuat berbahan plastik maupun dari ranting pohon jambu biji serta ranting pohon asem, namun anda juga dapat menggunakan tenggeran lain yang kurang lebih sesuai dengan cengkeraman serta merasa aman serta nyaman untuk burung. tenggeran yang buruk dapat menyebabkan burung tidak betah diam serta seringkali mengangkat kakinya dikarenakan terluka. disamping itu di beberapa toko burung banyak juga yang jual bermacam type tenggeran untuk burung anda.

Air minum
Untuk air minum baiknya jauhi berikan burung dengan air yang bersumber dari ledeng, baiknya pakai air sumur atau semakin bagus lagi serta bila tidak merepotkan dapat diberikan air mineral tiap-tiap harinya. bila kandang menggunakan cepuk minum biasa maka air minum mesti diganti sekurang-kurangnya 1 hari sekali untuk menghindar timbulnya lumut dalam area air minumnya.

Grit
Grit berperan sebagai tambahan mineral sepreti halnya tulang sotong serta juga bermanfaat untuk menolong pencernaan burung, pemberian grit ini tidak mutlak bila telah ada sumber mineral yang lain layaknya menambah tulang kerang untuk sumber mineralnya.

Vitamin
Bila menu untuk burung kenari anda berbentuk bee pollen, makan hijau, buah, biji-bijian yang berkwalitas bermakna anda telah mencukupi keperluan vitaminnya, tetapi bila tetap pingin memberikan vit. anda dapat menentukan vit. mana yang baik serta pas untuk burung kenari anda. bila anda menggunakan vit. yang larut dalam air maka dapat digabung dengan air minumnya serta diganti tiap-tiap hari untuk hindari tumbuhnya bakteri. di sini anda dapat menggunakan birdvit untuk melindungi kesehatan kenari anda.

Makanan berwarna

Makanan berwarna di sini dikhususkan untuk anda yang memelihara kenari warna untuk melindungi warnanya terus alami serta tidak beralih layaknya kenari merah. makanan yang memiliki kandungan beta-carotene amat diperlukan untuk melindungi warna burung supaya tidak cepat beralih warnanya pada saat alami masa perubahan bulu. makanan yang memiliki kandungan pewarna ini ( beta carotene ) meliputi wortel, sayuran dan lain-lain.

Kenari tidak ingin bunyi
Kenari jantan tentu dapat berkicau untuk menarik pasangannya, bila kenari jantan tidak ingin berbunyi ada kemungkinan kenari tersebut tengah dapat menghadapi masa mabung ( rontok bulu ) atau situasi kesehatannya terganggu, namun bila kenari tersebut baru anda beli, maka tunggu sampai lebih kurang dua minggu untuk burung dapat beradaptasi dengan lingkungan baru serta lebih kurang kandangnya. pancinglah dengan nada mengalun dari musik klasik atau nada kicauan kenari lain dari mp3 untuk memancing kenari tersebut akan bersuara.
Powered by Blogger.