Header Ads

Burung Poksai


Burung Poksai (ocehankenari) -Sebut saja dia yaitu burung poksai hitam, dengan bhs latinnya yaitu garrulax chinensis, burung poksay hitam atau china / mandarin ( black-throated laughingthrush garrulax chinensis ), ini terhitung kedalam suku atau masuk di dalam kerabat burung kuda-kuda, atau dapat juga dengan bhs latinnya red fronted laughingthrush / garrulax rufifrons.

Banyak type burung poksai ini, dari poksai jambul putih, serta poksai hitam, serta burung poksai ini datang dari china, thailand serta menurut sumber info burung poksai ini masuk ke indonesia pada th. 1950, lumayan cukup lama, walau demikian di akhir th. 90an sampai sekarang ini menurut pantauan saya burung ini telah amat jarang di jumpai di pasar-pasar burung, sama halnya layaknya type burung import yang lain yakni burung hwa mei atau wambi.

Burung poksai atau garraulax palliatus atau yang dikenal juga dengan sebutan the sunda laughingthrush banyak ditemukan di negara brunei, indonesia serta malaysia serta burung poksai yang ada di indonesia yaitu type poksai kuda atau yang dimaksud garrulax rufifrons.
serta konon tuturnya, di negeri asalnya burung ini dinamai pai hu. poksay dikira burung kuburan dikarenakan suka menentukan area tinggal yang sunyi serta rindang layaknya kuburan sama halnya dengan burung wambi juga.
Burung poksai dialamnya senantiasa hidup berpasangan serta burung ini memiliki ciri jambul serta juga ekor yang cukup panjang, habitat alamnya yakni tempat subtropis atau tropis atau tempat rimba tropis yang lembab didalam semak belukar, atau juga tempat pergunungan yang cukup lembab.

Burung poksai umumnya melacak makanan di percabangan pohon yang lebih rendah atau dapat juga melacak makan diatas tanah, makanan alami burung ini adalahnya serangga kecil yang hidup diantara dedaunan pohon, biji-bijian, atau dapat juga makan buah-buahan yang terjatuh dari atas pohon, juga pemakan serangga serta tawon madu.

-->
Powered by Blogger.